Syarat Perlu Dipenuhi Untuk Memperoleh Rumah KPR Bersubsidi

Pertumbuhan penduduk di Indonesia yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun membuat kebutuhan akan hunian pun ikut menanjak tentunya. Sementara itu, seperti yang diketahui juga untuk bisa memiliki hunian pribadi bukanlah perkara yang gampang. Perlu menyiapkan dana yang lumayan besar. Bagi kalangan keatas, membeli rumah mungkin tidak menjadi perkara yang terlalu besar. Lantas, bagaimana dengan kalangan MBR atau Masyarakat Berpenghasilan Renah ? Nah, pemerintah bersama dengan Perumnas telah menyadari besarnya angka kebutuhan masyarakat akan hunian. Tak terkecuali bagi MBR. Oleh sebab itulah para MBR masih bisa mendapatkan kesempatan untuk memiliki hunian pribadi dengan membeli rumah subsidi pemerintah dan melakukan pembayaran secara kredit atau yang dikenalnya sebagai Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Namun untuk bisa membeli rumah KPR bersubsidi ada beberapa syarat yang perlu untuk dipenuhi. Apa saja ? Berikut ini antara lainnya :

Syarat Perlu Dipenuhi Untuk Memperoleh Rumah KPR Bersubsidi

WNI yang belum mempunyai rumah pribadi. Karena memang hadirnya rumah subsidi adalah terfokus kepada MBR agar bisa memiliki hunian pribadi yang layak. Sehingga supaya hadirnya rumah subsidi ini pun bisa tepat sasaran, maka salah satu syarat kepemilikiannya ialah WNI yang belum pernah mempunyai hunian pribadi. Diharapkan rumah KPR subsidi tidaklah dibidik oleh masyarakat kalangan atas.

Harus sudah bekerja di sebuah perusahaan paling sebentar 1 tahun. Kemudian syarat pendapatan untuk bisa membeli rumah KPR subsidi ialah maksimal memiliki gaji per bulannya adalah 4 juta rupiah untuk jenis rumah tapak dan maksimal 7 juta rupiah untuk jenis rumah susun. Selain itu, pihak yang mengajukan KPR pun minimal berusia 21 tahun atau telah menikah.

Melengkapi dokumen pribadi. Kelengkapan dokumen pribadi jelasnya merupakan bagian yang sangat penting untuk dipersiapkan guna juga untuk menunjang kelancaran permohonan membeli rumah KPR bersubsidi. Beberapa dokumen pribadi yang sekiranya perlu disiapkan adalah fotokopi KTP, KK, slip gaji terakhir, fotokopi NPWP, SPT tahunan, fotokopi rekening korang selama tiga bulan terakhir, surat pernyataan belum punya rumah, sampai dengan surat pernyataan belum pernah menerima subsidi rumah sebelumnya.

Memiliki rekam jejak baik di bank. Ini pun tidak kalah penting menjadi syarat yang haruslah dipenuhi sebelum membeli rumah KPR bersubsidi. Permohonan KPR bisa terhambat dan bahkan gagal apabila pemohon ternyata memiliki rekam jejak yang kurang baik di bank seperti pernah bermasalah dalam pelunasan angsuran. Sedangkan jika rekam jejak di bank pun baik, maka permohonan KPR subsidi pun bisa dijalankan dengan lancar.

sumber




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *