Jakarta stock exchange - IDN Financials

Pilihan Instrumen pada Jakarta Stock Exchange

Jakarta Stock Exchange – Jika Anda memiliki dana yang berkecukupan, akan Anda gunakan untuk apa dana tersebut? Apakah Anda hanya akan menabungnya? Jika Anda memilih menabung dana Anda, bisa jadi beberapa tahun kemudian dana tersebut memiliki nilai yang lebih kecil karena tergerus oleh inflasi. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghalanginya ialah mencoba investasi. Ada berbagai macam instrumen investasi yang bisa dipilih seperti Jakarta stock exchange.

Pilihan Jakarta Stock Exchange

Pilihan Jakarta stock exchange ini ada beraneka ragam, contohnya seperti derivatif. Derivatif merupakan surat berharga turunan, surat ini terdiri dari:

  1. Opsi. Opsi adalah salah satu derivative yang berisikan surat pernyataan yang dikeluarkan oleh lembaga yang memberi hak ke pemegangnya untuk membeli atau pun menjual sahamnya dengan harga yang sudah ditentukan sebelumnya.
  2. Right. Right merupakan hak pemegang saham yang baru, dan akan dikeluarkan oleh emiten. Emiten harus menawarkan hak tersebut pada pemilik saham terlebih dulu.
  3. Waran. Waran merupakan surat berharga yang dikeluarkan perusahaan yang memberi hak ke pemegangnya untuk melakukan kegiatan pembelian saham perusahaan dengan kaitan yang berupa jumlah, masa berlaku hingga harga.

Melakukan investasi di pasar modal bisa dilakukan dengan 2 cara. Pertama dengan secara langsung. Investasi secara langsung ini dilakukan dengan membeli saham sesuai dengan kehendak tanpa melalui manajer investasi. Anda harus memiliki account rekening di perusahaan sekuritas. Jika menggunakan cara ini, Anda harus memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang pasar modal secara mendalam, karena Anda akan menentukan sendiri saham mana yang akan Anda beli dan waktu yang paling tepat untuk melakukan pembelian dan penjualan.

Ada pula investasi secara tidak langsung. Investasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan manajer investasi. Manajer investasi adalah pihak yang akan mengelola uang untuk dibelikan produk investasi. Komposisinya telah ditentukan oleh manajer investasi dengan analisis yang baik. sehingga investor akan mempercayakan keuangannya pada manajer investasi. Tertarik dengan Jakarta stock exchange? Jika Anda tertarik, Anda dapat mengunjungi IDN Financial, dan mendapatkan informasi menarik di sana.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *