Aneka Macam Usaha Pertanian

Pertanian termasuk salah satu sektor tertua dalam peradaban manusia dimana sudah berkembang sejak ribuan tahun lalu. Bukti yang menunjukan kemajuan pertanian dapat dilihat dari perabadan Mesir kuno, Mesopotamia hingga perabadan China kuno yang sudah memakai peralatan pertanian yang cukup maju pada masanya.

Kita pun patut berbangga karena Indonesia juga termasuk negara yang punya potensi di sektor pertanian karena memiliki kondisi tanah yang baik dan subur sehingga menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara Agraris yang cukup diperhitungkan. Karena pertanian sudah begitu “mendarah daging” bagi masyarakat Indonesia, membuat aneka peluang usaha untuk pertanian sangat diminati oleh investor yang hendak menanam modal melalui BPKM.

Jenis Aneka Peluang Usaha Pertanian Paling Menjanjikan

Dibawah ini akan dijelaskan jenis aneka usaha pertanian dengan prospek paling menjanjikan bila dikelola secara terpadu dan sistematis. Silakan simak penjelasannya sebagai berikut.

• Budidaya Sayuran Organik

Dalam melakukan budidaya sayur mayur organik, seorang pengusaha tidak memerlukan lahan yang luas karena bisa menerapkan teknik hidroponik. Dengan lahan seluas 5.000 meter persegi saja bisa memproduksi sayuran organik sebanyak produktivitas lahan 50.000 meter persegi pertanian konvensional. Nantinya sayuran organik tersebut bisa langsung dipasarkan ke pasar modern dan supermarket dengan harga jauh lebih tinggi dibandingkan sayuran biasa.

• Menjadi Distributor Alat pertanian

Terjun kedalam usaha pertanian tidak selalu harus bercocok tanam bukan? Buktinya anda bisa bertindak sebagai distributor alat pertanian. Nantinya pedagang kecil akan membeli peralatan pertanian kepada anda sehingga peluang usaha satu ini punya prospek cukup menjanjikan dengan catatan punya modal yang kuat dan juga koneksi bisnis yang luas bila ingin menjadi distributor besar.

• Penyedia Bibit Bibit Varietas Unggul

Peluang usaha bidang pertanian satu ini cukup mudah dilakukan dan punya keunggulan yakni salah satunya margin keuntungan lebih besar dan resiko yang minim. Tugas anda hanyalah menyemai bibit varietas unggulan lalu menjualnya kepada masyarakat. Bahkan tidak jarang perkebunan membeli bibit unggul dalam partai besar sehingga keuntungan penyedia bibit semakain meningkat.

Aneka peluang usaha untuk pertanian seperti yang telah dijelaskan sangat menjanjikan asalkan anda serius dalam mengelola-nya. Sekian penjelasan singkatnya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi buat calon pengusaha bidang pertanian, salam sukses.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *