Proyek Penjaminan Infrastruktur Indonesia Mulai Menggeliat

Saat ini pemerintah memfokuskan pada masalah pembangunan infrastruktur diberbagai daerah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Indonesia memiliki PT Penjaminan Infrastruktur yaitu badan milik pemerintahan yang bertugas untuk memberikan jaminan terhadap berbagai proyek infrastruktur besar di negara ini. Salah satu proyek terbesar dari penjaminan infrastruktur Indonesia selain pariwisata adalah proyek PLTU yang berada di Sumatera Selatan.

Proyek PLTU ini merupakan proyek besar yang banyak dilirik oleh para investor asing. Keberhasilan proyek ini mampu meningkatkan berbagai sector penting di daerah tersebut sehingga tak heran jika saat ini banyak yang ingin menanamkan modalnya di sini.

Untuk urusan penanaman modal di Indonesia telah diatur dan di koordinasi oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal). Badan ini merupakan salah satu dari lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggung jawing langsung kepada presiden melalui menteri atau pejabat yang setara. BKPM merupakan advokasi bagi para calon investor yang ingin berinvestasi di negara ini. Dengan adanya lembaga ini maka semua kegiatan penanaman modal dapat berjalan dengan baik dan memiliki jaminan hukum yang jelas.

Banyak sekali tugas dan fungsi BKPM dalam bidang penanaman modal diantaranya adalah:
1. Merumuskan semua kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah dalam bidang investasi modal asing maupun dalam negeri
2. Mengkoordinasi semua pelaksanaan kebijakan investasi yang telah disetujui oleh pihak berwenang
3. Melakukan pengembangan dalam berbagai sector penanaman modal melalui pembinaan investasi, diantaranya adalah:
 Meningkatkan kerjasama usaha
 Meningkatkan daya saing dalam usaha
 Menciptakan persaingan bisnis yang sehat
 Memberikan berbagai informasi seputar penanaman modal dengan seluas-luasnya
4. Menyelesaikan semua masalah dan hambatan dalam menjalankan kegiatan penanaman modal
5. Mengkoordinasi semua kegiatan investasi dalam negeri maupun luar negeri

Saat ini BKPM dipimpin oleh Thomas trikasih lembong yang mulai bekerja di tahun 2016 ini. Thomas trikasih lembong di tunjuk dan diangkat langsung oleh Presiden Jokowi untuk memimpin BKPM agar dapat melaksanakan semua tugas dan fungsinya dengan lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *