Resep Sup Jepang untuk Menu Masakan Hari Ini

Resep Sup Jepang untuk Menu Masakan Hari Ini

 

Menu Masakan Hari Ini – Sup Miso atau miso shiru merupakan makanan khas dari Jepang berbentuk sup berbahan dasar dashi yang ditambah dengan isian seperti makanan laut, tahu, sayuran dan diberi miso sebagai perasa. Walaupun makanan ini berbentuk sup, namun orang Jepang tetap memakan isi sup tersebut dengan menggunakan sumpit. Biasanya, sup miso dihidangkan dengan nasi putih untuk menu sarapan pagi. Namun terkadang juga dapat disajikan ketika suhu dingin. Sup miso tidak hanya dapat disajikan di Jepang, namun Anda dapat mencobanya sebagai menu masakan hari ini yang istimewa dengan dilengkapi dengan Royco Kaldu.

Sup miso menggunakan dashi atau kaldu sebagai bahan dasar masakan jepang. Dashi untuk sup miso terbuat dari sari kombu (ganggang laut dari spesies Laminaria japonica) dan katsuobushi (ikan cakalang yang diawetkan) dan kemudian direbus dan disaring setelah katsuobushi tenggelam. Sedangkan bumbu miso terbuat dari bahan fermentasi rebusan kedelai, beras ataupun campuran dari keduanya kemudian dicampur dengan garam. Warna miso mulai dari krem ke kuningan, coklat muda dan tua hingga kehitaman dan rasanya asin. Isian yang biasa digunakan adalah makanan laut seperti kerang kepiting, udang karang, ikan ataupun jenis sayuran seperti lobak, daun bawang, kentang, aburage, tahu, tauge dan natto.

Namun, jika bahan-bahan untuk membuat sup miso asli Jepang seperti dashi, kombu tidak dapat Anda peroleh, Anda tetap dapat membuat Sup Miso tahu sederhana dengan menggunakan bahan yang mudah untuk Anda temukan di sekitar Anda. Anda dapat menggunakan Royco Kaldu Sapi ataupun Ayam sesuai dengan selera Anda. Royco Kaldu dengan warna yang kuning keemasan yang terbuat dari rempah pilihan, daging has serta dari sumsum tulang yang gurih akan membuat sup miso tahu sebagai menu makanan hari ini yang spesial.

Bahan yang harus Anda persiapkan untuk membuat sup miso tahu segar yaitu:

  • 4 buah tahu putih kecil, atau tahu yang diiris dadu.
  • ½ siung bawang bombay, iris kasar.
  • 1 buah tomat.
  • 200 ml air putih.
  • 2 buah daun bawang, iris halus.
  • ½ sdt merica.
  • 1 buah Royco kaldu.
  • Garam.

Cara untuk membuat Sup miso tahu segar ala rumahan untuk menu masakan hari ini yaitu:

  1. Tahu yang telah dipotong direndam terlebih dahulu dengan menggunakan air panas kurang lebih 5 menit. Angkat dan tiriskan.
  2. Siapkan panci dan didihkan air.
  3. Tambahkan irisan bawang bombay, tahu yang telah direndam serta Royco kaldu. Aduk merata.
  4. Tambahkan irisan tomat, merica dan garam secukupnya. Masak hingga mendidih.
  5. Matikan dan angkat.
  6. Sajikan sup miso tahu dengan taburan irisan daun bawang ataupun bawang goreng untuk memberi rasa agak Indonesia.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *