Tips dan Cara Bersosialisasi Di Perumahan

Tips dan Cara Bersosialisasi Di Perumahan

Dengan adanya program untuk perumahan murah yang ditawarkan oleh pemerintah lewat Perumnas, Anda yang gajinya masih berada di bawah Rp7 juta bisa bernafas lega. Karna Anda bisa membeli rumah sendiri untuk tempat tinggal Anda dan keluarga, dan hanya perlu mencicil sebagian saja karena ada subsidi. Namun urusan harga sudah tak jadi soal, ada hal lain yang harus Anda persiapkan, yaitu adaptasi di lingkungan yang baru ini.

Ketika Anda tinggal di perumahan murah dari Perumnas, Anda akan mendapatkan tetangga-tetangga baru. Jika dikombinasikan dengan banyaknya tetangga yang kondisi keuangannya mirip, dengan ruangan yang sempit dan rumah-rumah yang padat, secara teori akan cukup sulit menyesuaikan diri agar bisa tinggal dengan nyaman di sini. Jadi bagaimana cara beradaptasi di lingkungan yang baru ini?

Supaya Anda dan keluarga cepat betah, ini yang bisa Anda lakukan:

  1. Sering terlihat di depan rumah

Entah menyapu, menjemur baju, sekedar duduk-duduk, Anda harus sering kelihatan di depan rumah sehingga tetangga (dan Anda sendiri) lebih mudah menyapa.

  1. Perkenalan langsung

Paling gampang adalah memperkenalkan diri langsung kepada ketua RT dan warga sekitar rumah Anda, paling tidak di gang yang sama. Bawalah makanan kecil untuk dibagikan.

  1. Ikut kegiatan bersama

Anda juga bisa ikut kegiatan bersama yang sering dilakukan, seperti siskamling, arisan, dll. Sekedar ikut dan setor muka juga tak apa-apa.

  1. Temani anak

Kalau Anda sudah punya anak, temani dia bermain bersama dengan teman-teman barunya. Anda sekalian bisa berkenalan dengan orang tua mereka.

  1. Belanja di toko terdekat/warung

Tempat-tempat seperti ini adalah tempat di mana para warga berkumpul dan berinteraksi. Sebagai orang baru, Anda juga perlu ikut sesekali.

Dengan cara-cara di atas, baik Anda tinggal di perumahan murah dari Perumnas maupun di perumahan lain yang berbeda, Anda akan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Seenak apapun lokasi rumah baru Anda, memiliki tetangga yang baik merupakan kunci agar Anda benar-benar betah di dalamnya. Jadi, jangan ragu untuk melakukan sosialisasi.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *