Cara Memanfaatkan Kartu Kredit Dengan Cermat Dan Bijak

Cara Memanfaatkan Kartu Kredit Dengan Cermat Dan Bijak

Sudah tak dipungkiri lagi jika saat ini penggunaan kartu kredit semakin meningkat. Alasan masyarakat menggunakan kartu kredit bermacam-macam. Mulai dari ingin lebih praktis hingga bertujuan untuk menghemat pembelanjaan. Akan tetapi tak sedikit masyarakat yang sebenarnya kurang bijak dalam memanfaatkan kartu kredit. Misalnya saja menggunakannya terlalu boros hanya untuk memenuhi gaya hidup. Lalu bagaimanakah cara memanfaatkan kartu kredit secara bijak ini? Berikut informasinya untuk Anda.

Ada beberapa cara memanfaatkan penggunaan kartu kredit secara bijak dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebaiknya gunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan hidup saja. Jangan terlalu sering menggunakan kartu kredit untuk berbelanja yang tidak penting karena bisa menyebabkan pembengkakan tagihan.
  • Catat pengeluaran yang dibiayai oleh kartu kredit.
  • Jika kartu kredit ini digunakan untuk modal, akan lebih baik jika Anda mencatat untung dan modal dari usaha yang Anda rintis.
  • Jangan memilih kartu kredit dengan limit dan suku bunga yang tinggi. Ini bisa membuat Anda terbebani dalam membayar tagihannya.

Sebaiknya pilih kartu kredit yang memiliki limit sedikit saja atau sesuai dengan kebutuhan bulanan keluarga. Usahakan pembayaran tagihan kartu kredit tersebut sesuai dengan kemampuan Anda. Maksimal 30% dari total pendapatan yang diperoleh. Jika memang belum membutuhkan kartu kredit sebaiknya jangan mengaplikasikan terlebih dahulu. Lebih baik Anda menggunakan tabungan saja. Disarankan untuk menggunakan kartu kredit apabila Anda sudah sangat membutuhkannya. Misalnya untuk membuka usaha ekspor impor yang memang mengharuskan pemiliknya menggunakan kartu kredit.

Memang sebagian orang menganggap penggunaan kartu kredit negatif. Padahal jika digunakan secara bijak maka akan menghasilkan efek yang positif. Misalnya digunakan untuk berbisnis, tentunya hal ini akan memberikan keuntungan untuk Anda. Sebaliknya, jika Anda menggunakan kartu kredit ini untuk memenuhi gaya hidup bisa-bisa Anda akan terlilit hutang piutang kepada bank. Belum lagi jika kartu kredit yang Anda pakai memiliki tingkat suku bunga tinggi. Demikian informasi tentang cara memanfaatkan kartu kredit dengan bijak. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *