Tips Aman Mengendarai Motor Saat Perjalanan Jarak Jauh

Tips Aman Mengendarai Motor Saat Perjalanan Jarak Jauh

Sekarang ini sepeda motor memang lebih di pilih oleh masyarakat sebagai sebuah kendaraan yang dianggap sangat efisien. Hal ini dikarenakan saat menggunakan motor, bahan bakar yang kita butuhkan akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan menggunakan mobil. Motor ini juga dapat melewati jalan-jalan yang terkena macet. Namun jangan salah, mengendarai motor ini juga terkesan lebih berbahaya, terlebih bila Anda menempuh perjalanan yang jauh. Berikut beberapa tips agar Anda aman saat mengendarai motor dengan jarak jauh.

Tips pertama, sebelum menempuh perjalanan, siapkan fisik Anda. Hal ini ialah hal yang paling utama, yang harus Anda perhatikan sebelum Anda menempuh perjalanan yang jauh dengan menggunakan motor. Hindari mengendarai motor ketika kesehatan fisik Anda sedang kurang baik. Saat berkendara motor, tubuh Anda akan terkena angin, oleh karena itu pastikan jika tubuh Anda mampu untuk diajak berkendara dengan jarak yang jauh. 3 hari sebelum Anda melakukan perjalanan, Anda dapat mempersiapkan diri seperti mengkonsumsi suplemen agar bisa menjaga kesehatan tubuh Anda. Jangan pernah mengabaikan waktu untuk beristirahat.

Setelah Anda memeriksa kesehatan diri Anda, Anda juga harus memeriksa kesehatan dari motor Anda. sesudah memastikan bila fisik yang Anda miliki dapat digunakan atau diajak untuk berpergian jarak jauh, hal yang tidak kalah penting ialah kesehatan motor. Lakukan pemeriksaan mulai dari lampu, ban, klakson hingga berbagai macam aksesoris lain. Untuk memastikan bila kondisi motor ini prima, Anda juga dapat memeriksakan ke bengkel untuk memastikan kondisi yang ia miliki.

Terakhir, perhatikan kelengkapan kendaraan dan kelengkapan keamanan. Selain fisik dari motor Anda, Anda juga harus memperhatikan kelengkapan seperti SIM, STNK dan berbagai surat penting yang lain. Jangan sampai Anda melakukan perjalanan yang jauh tanpa membawa perlengkapan surat tersebut. Jangan lupa membawa perlengkapan keamanan. Agar bisa meningkatkan keamanan ketika Anda berkendara, lengkapi pengaman tubuh Anda dengan jaket, helm, pelindung dada, siku dan lutut. Dengan mempergunakan pelindung tubuh ini, nantinya bila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti cidera, akan bisa Anda minimalisir.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *