Aki Mobil Rusak Bisa Dilihat Dari Beberapa Gejala Ini!

Aki Mobil Rusak Bisa Dilihat Dari Beberapa Gejala Ini!

Hal kurang menyenangkan yang sering kali dialami oleh pengendara mobil adalah mogok. Bukan hanya di kawasan yang padat penduduk, ada kalanya Anda mengalami hal ini di tempat yang cukup jauh dari perumahan. Tentunya tak akan ada yang bisa membantu dalam penanganannya. Mobil yang bermasalah ini umumnya disebabkan karena beberapa hal, diantara yang paling sering adalah aki.

Meskipun terbilang sepele, namun sangat jarang diantara pengendara yang rutin memperhatikan kondisi bagian yang satu ini, Anda mungkin termasuk salah satunya. Padahal jika Anda lebih cermat aki bermasalah ini dapat dikenali dari gejala-gejala yang ia tunjukkan, diantaranya adalah:

  1. Mesin tak bisa di starter, kondisi pertama yang bisa dilihat adalah saat kendaraan Anda starter, dalam beberapa saat ia mungkin bisa menyala dengan cukup baik, namun di tinggal sebentar saja akan langsung mati. Selanjutnya mungkin bisa digunakan kembali namun akan mengalami masalah yang serupa. Sebaiknya jika mobil Anda mengalami hal ini jangan paksakan untuk berkendara jarak jauh jika tak ingin bermasalah di perjalanan.
  2. Usia sudah cukup tua, namun tak menunjukkan tanda-tanda kerusakan, maka Anda patut untuk waspada, bisa jadi saat diperjalanan nanti ia akan mengalami masalah, untuk itu lakukan pengecekan secara berkala.
  3. Keluar bau yang menyengat pada saat mesin di hidupkan, khususnya adalah pada bagian aki sendiri, ini adalah gejala lain dari kerusakan aki Anda.
  4. Warna yang sudah keruh, warna aki yang mulai keruh bahkan kehitaman patut diwaspadai, bisa jadi ada bagian selnya yang bocor.
  5. Cranking tak sampai 10 volt, saat dilakukan pengukuran atau cranking namun ternyata angka menunjukkan sangat rendah bahkan kurang dari 10 volt itu tandanya mulai berbahaya.

Anda sendiri sebenarnya bisa mengecek gejala-gejala tersebut tanpa harus membawanya ke bengkel. Satu hal yang pati untuk diingat adalah mobil sama halnya dengan manusia, ia butuh perawatan yang tepat untuk bisa memberikan kenyamanan pada penggunanya, untuk itu sering-seringlah bawa ia ke tempat service sebelum mengalami masalah.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *