penyebab penyakit

Penyebab penyakit diare pada anak

Seperti yang kita ketahui, saat ini angka penderita diare di Indonesia cukuplah banyak penderita. Penyakit ini banyak sekali diderita oleh anak-anak. Mengapa demikian? ini karena sistem daya tahan tubuh anak-anak masih belum terbentuk secara sempurna sehingga tubuh mereka jauh lebih mudah terserang oleh penyakit, terutama yang disebabkan oleh infeksi dari parasit, virus, dan bakteri. Penyebab penyakit diare pada anak yang paling utama adalah berasal dari bakteri. Perlu anda ketahui, tidak semua bakteri dapat menyebabkan penyakit diare, namun terdapat empat jenis bakteri yang paling sering dijumpai pada kasus diare yang terjadi di berbagai belahan dunia. Bakteri tersebut antara lain Shigella, Campylobacter, E. coli, dan Salmonella.

Shigella. Bakteri berjenis ini adalah bakteri yang seringkali menjadi penyebab  penyakit diare pada anak yang disertai dengan darah. Bakteri ini juga cukup unik karena dapat berpindah dari manusia ke manusia. Oleh karena itu, penyebaran penyakit diare karena ulah dari bakteri ini sangat sering terjadi pada lingkungan yang kurang bersih.

Campylobacter. Bakteri yang satu ini dapat menyerang manusia dan hewan, terutama unggas. Infeksi dari bakteri ini tidak terjadi secara langsung kepada penderita, melainkan melalui media perantara yang berupa makanan ataupun minuman. Untuk makanan sendiri, yang paling banyak mengandung bakteri ini adalah daging mentah, produk-produk dari susu dan keju. Sedangkan untuk air adalah air yang tidak dimasak terlebih dahulu, contohnya saja air kran dan air sumur. Akan tetapi, bakteri ini cukup lemah terhadap udara luar.

  1. Coli. Bakteri ini hidup di dalam saluran pencernaan manusia dan sebenarnya tidak membahayakan tubuh, akan tetapi terdapat beberapa jenis dari bakteri ini yang ternyata dapat mengeluarkan racun yang dapat menimbulkan infeksi yang cukup parah dan dapat menyebabkan diare.

Salmonella. Bakteri ini sering kali ditemukan pada daging mentah ataupun produk yang memiliki bahan dasar berupa susu. Selain itu, bakteri ini juga sering kali ditemukan pada hewan berjenis reptil. Bakteri ini akan berkembang cukup cepat setelah menginfeksi tubuh dan gejala diare akan muncul dalam rentang waktu 12 jam hingga 3 hari.

Untuk terhindar dari keempat bakteri penyebab diare tersebut maka anda harus selalu mencuci tangan sebelum kontak langsung dengan makanan dan minuman menggunakan sabun cuci tangan dari Lifebuoy yaitu Total 10, agar bakteri yang ada pada tangan anda dapat dihilangkan secara optimal.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *