peran ayah

Pentingnya Peran Ayah dalam Mengasuh Anaknya

Sosok anda sebagai ayah atau kepala rumah tangga ternyata tidak hanya terpaku kepada sosok yang berperan sebagai tulang punggung keluarga yang mencari nafkah untuk membiayai keluarga tercinta. Peran ayah ternyata sangat berpengaruh besar juga terhadap seorang anak yang perlu anda asuh. Dengan demikian , mengasuh anak bukanlah sepenuhnya tanggungan seorang sosok ibu semata, akan tetapi peran anda sebagai kepala rumah tangga pun sangat diperlukan. Menurut sebuah sumber yang pernah ditulis oleh Kristen Finello. Disebutkan bahwa riset yang telah dilakukannya mengenai peranan sosok seorang ayah mengerucut pada satu kesimpulan sebagai berikut:

Anak-anak yang dekat dengan sosok anda sebagai kepala rumah tangga ternyata akan menunjukan kelebihan dalam beberapa aspek seperti aspek sosial dan akademis jika dibandingkan dengan seorang anak yang jauh dari sosok seorang kepala rumah tangga. Jadi peran ayah disini benar-benar sangat penting mengingat berkaitan dengan sosok mental seorang anak ketika bersosialiasi di lingkungan masyarakat dan sebagai seorang pelajar. Maka dari itu, seorang kepala rumah tangga haruslah menyempatkan diri sesibuk apapun pekerjaan yang tengah anda kerjakan untuk membagi waktu pada anak-anak anda. Dalam penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa universitas di seluruh dunia. diantaranya seperti penelitian yang dilakukan di University of Illinois hasil menunjukan bahwa seorang anak dan ayah yang menanyakan hasil pelajaran yang dipelajari disekolahnya akan memiliki prestasi belajar yang lebih baik.

Selain itu, cobalah juga untuk menanyakan beberapa hal pada anak seperti menanyakan hubungan sosial antara anak anda dengan teman-temannya dan menanyakan aktifitas sehari-hari yang dia kerjakan. Hal ini pun sangat baik guna meningkatkan mentalitas seorang anak agar dapat jauh lebih berkualitas. Bahkan menurut para psikolog yang telah melakukan beberapa riset menyatakan bahwa seorang ayah yang membacakan buku untuk anaknya, memperhatikan pendidikan anaknya, mengajaknya bermain di luar dan mengambil porsi mengasuh yang sama dengan ibunya maka akan memperoleh dan mendapatkan hasil bagus dalam belajar disekolahnya. Secara umum arti atau makna seorang ayah sebagai tulang punggung itu bisa diartikan lebih luas lagi selain membiayai atau menafkahi keluarganya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *