Kehidupan Menjadi Mahasiswa Baru IPB

Kehidupan Menjadi Mahasiswa Baru IPB

Bagi Anda yang sudah diterima masuk di IPB (Institut Pertanian Bogor), maka selamat! Anda sudah berhasil melewati tahap awal dari tantangan menjadi seorang mahasiswa. Namun setelah itu, Anda akan dihadapkan pada tantangan lain lagi, yaitu hidup menjadi seorang mahasiswa. Dari mulai biaya hidup sampai dengan tempat tinggal, di sini Anda akan ‘dilepas’ dan dilatih menjadi seorang yang mandiri.

Bagi Anda yang masih menjadi mahasiswa tahun pertama di Institut Pertanian Bogor, maka Anda diwajibkan untuk tinggal selama setahun di asrama atau dormitory yang ada di kampus. Dengan kapasitas total 3.000 orang (putra dan putri), di dalam asrama dan sekitarnya juga terdapat fasilitas seperti kantin, rumah makan, rental komputer, apotik, dan juga toko-toko untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Mahasiswa IPB memang sengaja dimasukkan ke dalam asrama ini dengan tujuan untuk :

  • Memudahkan mahasiswa agar bisa cepat beradaptasi di dalam kehidupan kampus IPB.
  • Mengasah kemampuan mahasiswa dalam bidang soft skill, seperti organisasi, komunikasi, dan juga membuat mahasiswa bisa peka dengan lingkungan sekitar yang majemuk.
  • Menjadikan mahasiswa lebih kreatif, mandiri, dan sehat jasmani dan rohani.

Begitu Anda sudah menjadi mahasiswa tahun kedua dan seterusnya, Anda bebas untuk mencari kos-kosan sendiri yang banyak berada di sekitar kampus. Perhatikan biaya hidup mahasiswa selama di Bogor ini :

  • Rata-rata biaya hidup adalah dari Rp1.000.000,00 sampai dengan Rp2.000.000,00 per bulannya.
  • Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya makan sebanyak Rp300.000,00 sampai Rp500.000,00 per bulan, biaya tempat kos Rp250.000,00 sampai Rp1.000.000,00 per bulan, dan biaya untuk transportasi, hiburan, serta komunikasi.
  • Tempat kos yang ada di daerah kampus IPB Darmaga mempunyai rentang harga dari Rp1.500.000,00 sampai Rp6.000.000,00 per tahunnya. Semakin dekat kampus, maka semakin mahal pula.

Jadi, lulus dari tes ujian masuk dan berhasil masuk IPB (Institut Pertanian Bogor) bukanlah suatu endgame, melainkan permulaan yang baru bagi Anda. Bersiaplah untuk menghadapi tantangan di tempat baru Anda, beradaptasi dengan makanan dan orang-orang yang berbeda-beda kultur, dan juga tantangan dari bidang akademis IPB sendiri, yang mempunyai standar tinggi.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *