Kegiatan Mahasiswa Australia Belajar Pengobatan Herbal Di IPB

Kegiatan Mahasiswa Australia Belajar Pengobatan Herbal Di IPB

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Berbagai macam obat-obatan herbal dikelola dengan baik dan maksimal. Sebagai perguruan tinggi negeri yang senantiasa mengembangkan potensi kekayaan alam di Indonesia, Direktorat Kerjasama dan Program Internasional IPB (Institut Pertanian Bogor) bekerja sama dengan Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan Dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB, Pusat Studi Biofarmaka Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB dan Departemen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB mengadakan kegiatan kursus musim panas terkait pengembangan jamu tradisional Indonesia.

Summer course ethnomedicine Indonesia ini diikuti oleh 20 mahasiswa The University of Sydney Australia dan 10 mahasiswa Institut Pertanian Bogor. Kegiatan ini diselenggarakan sejak tanggal 11 sampai 22 Januari 2016 di Kampus IPB Darmaga, Bogor. Menurut Ketua Program Summer Course, Prof. Dr. Ervisal AM Zuhud, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan ethnomedicine Indonesia dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan mempromosikan jamu tradisional sebagai pengobatan herbal ke berbagai negara. Tentu saja kegiatan ini sangatlah positif untuk meningkatkan daya tarik masyarakat asing terhadap jamu dan kekayaan herbal asli Indonesia.

Program Summer Course dilakukan di berbagai tempat dengan suasana yang berbeda, yaitu di kelas, laboratorium dan juga lapangan. Para peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat sebagai lokasi pembudidayaan tanaman herbal, diantaranya yaitu :

  • Kebun Percobaan Cikabayan.
  • Kebun Koleksi Biofarmaka di Bogor.
  • PT Holistic Bio Medicine di Purwakarta.
  • Kampung Jamu Organik Martha Tilaar di Bekasi.
  • Kampung Naga di Garut.

Prof. Dr. Anas Mirtah Fauzi selaku wakil rektor bidang Riset dan Kerjasama IPB menyampaikan bahwa pengobatan menggunakan jamu di Indonesia telah dilakukan secara turun temurun. Pengobatan menggunakan jamu tradisional senantiasa dijaga keasliannya untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Robbie Peter sebagai dosen pendamping University of Sydney Australia juga menyampaikan terima kasih pada IPB (Institut Pertanian Bogor) atas pelaksanaan Summer Course tahun ini yang sangat bermanfaat dan syarat ilmu pengetahuan yang amat berguna bagi para mahasiswa.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *