kampus riset untuk IPB

Hambatan IPB Menjadi Kampus Riset

Kemampuan dan prestasi IPB (Institut Pertanian Bogor) dalam menciptakan berbagai produk baru dan melakukan riset tidak bisa diragukan lagi. Tapi, terdapat sejumlah hambatan yang mengganggu IPB untuk menjadi kampus riset. Prof Henry Suhardiyanto, Rektor IPB menyatakan bahwa terdapat dua hambatan yang dialami oleh IPB untuk membentuk kampus riset.

Berikut adalah dua hambatan yang dimaksud dalam mewujudkan Institut Pertanian Bogor menjadi kampus riset, adalah:

  1. Kejelasan anggaran pemerintah

Hambatan ini berkaitan dengan dana yang akan digelontorkan pemerintah untuk mewujudkan kampus riset untuk IPB. Dalam pengembangan sebuah kampus besar seperti IPB pastilah memerlukan dana yang tidak sedikit sehingga perlu persiapan yang baik agar anggarannya bisa tepat.

  1. Kewenangan otonomi

Hambatan ini berkaitan dengan kewenangan yang dimiliki oleh pemilik kampus atau pemerintah untuk memberikan keleluasaan bagi IPB dalam mewujudkan kampus riset ini.

Rektor menyadari bahwa upayanya dalam mengusahakan kampus riset tersebut tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Ia tahu bahwa harus mengupayakan berbagai hal agar dapat mencapai keinginan tersebut. Berikut adalah beberapa alasan mengapa IPB perlu mewujudkan kampus riset, yakni:

  • Henry banyak mendorong para dosen untuk melakukan penelitian sesuai dengan keahlian mereka. Pihak kampus akan memberikan tempat bagi mereka yang ingin berprestasi. Banyaknya variasi keahlian dari dosen membuat tempat yang mereka miliki sekarang masih kurang memadai.
  • Alasan kedua adalah banyaknya inovasi dan karya-karya dari mahasiswa atau dosen yang memerlukan perhatian lebih agar dapat mengembangkan kreatifitas mereka lebih luas dan terfasilitasi. Bahkan saat ini saja, IPB sudah menghasilkan banyak kreatifitas baru. Henry mengungkapkan bahwa 8 tahun terakhir ini mereka sudah mengumpulkan 828 produk inovasi bertaraf nasional dan 316 karya.

Berdasarkan hambatan dan alasan mengapa diperlukannya kampus riset untuk IPB adalah suatu hal yang harus diperhitungkan. IPB (Institut Pertanian Bogor) memanglah sudah menyumbang banyak inovasi untuk keperluan masyarakat sehingga harus diberikan wadah yang memadai agar kreatifitas dan prestasi mereka terus berkembang dengan baik. Untuk mewujudkan semua itu, pasti memerlukan upaya yang lebih untuk meyakinkan pemerintah bahwa institut tersebut memanglah sangat memerlukan kampus riset.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *