Kampus IPB

Program Studi Di IPB Yang Mulai Jadi Perhatian

Salah satu program studi yang awalanya jarang dilirik namun sekarang ini mulai banyak dicari orang adalah jurusan Arsitektur Lanskap yang ada di IPB (Institut Pertanian Bogor). Jurusan ini sendiri berada dibawah Fakultas Pertanian. Arsitektur lanskap sendiri memang banyak berurusan dengan disain taman. Mulai dari tahap perancangan, pemilihan jenis tanaman untuk suatu kawasan, hingga perawatan. Semua itu tentu saja harus dirancang sedimkian rupa menjadi sebuah kesatuan bangun yang berkesinambungan.

Berkembangnya program studi ini seiring dengan maraknya industri properti yang membutuhkan kawasan terbuka sebagai salah satu daya jual yang dapat ditawarkan. Selain itu tentu saja dengan berkembangnya industri perhotelan yang perlu menata dengan baik lahan terbuka yang mereka miliki. Karena itu jasa para arsitektur lanskap sangat dibutuhkan disana. Selain dapat meracang mereka juga dapat memberikan berbagai fungsi lain baik secara ruang maupun fungsi ekologis yang dapat berpengaruh baik terhadap manusia maupun lingkungan itu sendiri.

Menurut perkiraan permintaan akan hal ini akan terus meningkat. Karena memang industri properti maupun parawasita yang membutuhkan penataan ruang terbuka semakin banyak dan terus berkembang di Indonesia. Kiranya untuk itu pulalah IPB membuka program studi ini di bawah Fakultas Pertanian. Dalam fakultas tersebut selain terdapat program Arsitektur Lanskap, terdapat juga jurusan Ilmu Tanah, Agronomi dan Hortikultura, serta Proteksi Tanaman.


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *