Penyebab penyakit anemia

Mudahnya Mengobati Penyakit Anemia

Anemia. Sebuah penyakit yang menyerah pertumbuhan sel darah merah. Anemia bisa terjadi secara ringan dan juga bisa terjadi secara berat, seperti anemia akut. Penyebab penyakit anemia pun cukup beragam. Anemia bisa terjadi karena kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12 hingga kekurangan folat yang biasanya ditemukan pada ibu hamil. Jika ibu hamil terkena anemia, maka sebaiknya jangan dibiarkan. Segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Hal ini penting dilakukan karena ada dampak buruk jika anemia terus terjadi semakin parah. Ibu hamil bisa mendapat resiko bayi prematur hingga cacat.

Penyebab penyakit anemia lainnya adalah karena kekurangan vitamin B12. Penyebab kekurangan vitamin B12 ini juga bisa timbul karena beberapa faktor, seperti adanya bakteri abnormal yang timbul di daerah usus yang menghalang penyerapan vitamin B12, akibat memiliki penyakit tertentu, bahkan anemia ini juga bisa menyerang pelaku vegetarian.

Untuk mengobati penyakit anemia, ada cara mudah yang hemat biaya bisa anda lakukan sebagai salah satu langkah untuk pengobatab anemia. Cara mudah tersebut adalah dengan menggunakan obat tradisional, yaitu kulit manggis dan daun sirsak.

Pemilihan kulit manggis dan daun sirsak sebagai obat untuk mengatasi anemia tentunya bukan tanpa alasan. Kulit manggis kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodium dan zat besi. Dari kandungannya saja sudah dapat dipastikan jika penderita anemia sangat membutuhkan zat besi atau vitamin B. Selain itu, daun sirsak juga terkenal dengan senyawa acetogenin dengan kandungan zat antikanker yang tingkatannya lebih kuat dari proses kemoterapi.

Untuk menjadikan bahan tersebut menjadi obat anemia, ada dua cara yang bisa anda lakukan. Pertama, dengan membeli ekstrak kulit manggis dan daun sirsak yang sudah tersedia dipasaran. Kedua, anda bisa membuat obatnya sendiri dengan cara menumbuk atau memblender kulit manggis dan beberapa helai daun sirsak.

Selain dengan cara tersebut, mengobati anemia juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menambah darah atau mengandung kandungan zat besi. Selain sayuran hijau dan daging merah, beberapa buah – buahan juga mengandung zat besi, seperti pisang, jeruk, kurma, dan tomat.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *