ikamusi ipb

Kuliner dan Budaya Unggulan Omda Ikamusi

Ikatan Keluarga Mahasiswa Bumi Sriwijaya (Ikamusi) merupakan Organisasi Mahasiswa Daerah (Omda) yang berbasis kekeluargaan untuk mewadahi dan menaungi mahasiswa asal Sumatera Selatan yang sedang studi di Institut Pertanian Bogor (IPB). Ikamusi yang berdiri sejak tahun 2001 ini dijadikan sebagai forum komunikasi untuk mengembangkan hardskill dan softskill melalui program kerja yang berkelanjutan. Kegiatan Ikamusi disusun dalam program kerja pengurus, diantaranya:

1. Halal Bi Halal yang merupakan kegiatan rutin Ikamusi saat memperingati Idul Fitri.

Pada acara ini juga dirangkai dengan pemberian motivasi dari anggota Ikamusi yang lebih berpengalaman dan unggul dalam satu bidang, seperti wirausaha, akademik, dan lain-lain.

2. Up-grading Ikamusi, yakni kegiatan outside (seperti outbond) yang bertujuan untuk saling mengenal dan menjalin keakraban bersama.

3. Bakti Sosial. Kegiatan ini dilaksanakan pada setiap bulan Ramadhan dengan mengunjungi panti asuhan tempat anak-anak kurang mampu dan yatim piatu untuk berbagi kebahagiaan. Kegiatan sosial ini diharapkan dapat menciptakan rasa solidaritas dari anggota Ikamusi kepada sesama yang membutuhkan.

4. Ikamusi in Try Out. Kegiatan ini merupakan program kerja unggulan Ikamusi.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari acara sosialisasi kampus IPB. Try Out atau simulasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah sebagai acara puncak yang ditujukan untuk siswa SMA kelas akhir di Sumatera Selatan.

Selain kegiatan di atas, Ikamusi juga berpartisipasi dalam acara kegiatan Omda IPB, seperti Gebyar Nusantara. Di luar kegiatan yang sudah terprogram, anggota Ikamusi juga sering berkumpul bersama untuk sekadar makan, bercerita, berwisata, mencicipi kuliner serta mengunjungi tempat wisata di Bogor dan sekitarnya. Semua kegiatan itu tentunya dapat mempererat kekeluargaan diantara anggotanya.

Organisasi yang solid membuat Ikamusi IPB sering kali mendapat kunjungan Omda dari perguruan tinggi lain, seperti Mahasiswa Bumi Sriwijaya (Musi) Institut Teknologi Bandung, Kerukunan Mahasiswa Statistik Sriwijaya (Kesmas) Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), dan Keluarga Mahasiswa  Sriwijaya (Kemas) Universitas Indonesia (UI).

Belum lama ini, Ikamusi IPB juga turut ambil peran dalam kegiatan ‘Melawan Asap’ sebagai bentuk kepedulian pada kampung halaman yang diselimuti bencana kabut asap. Kegiatan ini bekerjasama dengan Omda Pontianak dan Riau.

Terkait prestasi, sudah banyak raihan Ikamusi IPB yang terkenal unggul dalam bidang budaya dan kuliner ini. Pada ajang Gebyar Nusantara (Genus) IPB, Ikamusi berhasil menjadi Juara 2 Kuliner Genus 2010, Juara 1 Lomba Expo Genus 2010 dan 2011, Juara 3 Lomba Expo Genus 2013, Juara 2 Genus 2013, serta Juara Umum Genus tahun 2010 dan 2011. Prestasi terbaru Ikamusi tahun ini adalah Juara Favorit Putra/Putri Omda di Genus 2015.(Awl)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *