Kindergarten

Kriteria Lembaga Pendidikan Usia Dini yang Baik untuk Anak

Semakin lama dunia pendidikan semakin maju, banyak yang menggalakkan program wajib belajar, di Indonesia sendiri saat ini sudah mencapai 12 tahun atau setingkat SMA. Bukan tanpa alasan, karena dengan pendidikan tinggi maka sumberdaya manusia dalam sebuah negara juga semakin bagus, tak hanya masalah kuantitas melainkan lebih kepada kualitas. Memulai pendidikan bisa dilakukan sedini mungkin, yaitu pada saat masa kindergarten, meskipun tak wajib namun jika Anda menginginkan anak yang berprestasi inilah saat terbaiknya.

Banyak yang mengatakan bahwa dengan memasukkan anak ke preschool hanya akan membebani mereka karena belum saatnya memikirkan tentang pendidikan. Anggapan tersebut sangatlah salah, karena pada dasarnya paud tidak menekankan adanya pelajaran teoritis sama sekali, kurikulum-nya hanya sebatas bermain dan menyanyi, namun disela-sela kegiatan tersebut tenaga pendidik akan menyisipkan sedikit pelajaran berharga untuk mereka. Sebagai orang tua Anda pasti menginginkan kualitas paud yang baik bagi buah hati bukan, untuk itu kenali terlebih dahulu beberapa hal ini:

  • Melihat sistem pembelajaran dan membandingkan dengan kebutuhan psikologis anak, seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahkan lembaga ini memang tak terlalu memberatkan kepada pelajaran teoritis, namun ada kalanya menyisipkan pendidikan tersebut di dalamnya, pertama Anda harus mengenal sistemnya, apakah terbilang memberatkan atau mungkin cocok dengan usia dan kebutuhannya.
  • Lembaga harus memenuhi kebutuhan tiap anak, khususnya adalah kebutuhan-kebutuhan unik seperti menyanyi.
  • Dapat tercapainya tujuan jangka panjang, alasan banyak orang tua yang memasukkan anak mereka ke paud bukan karena gengsi, melainkan lebih pada pencapaian jangka panjangnya, mereka mengharapkan anak-anak semakin berprestasi ke depannya dan juga melatih mereka agar lebih responsif terhadap pendidikan.
  • Tujuan pendidikan lembaga sama dengan orang tua, artinya ada kesatuan visi misi.

Siapapun itu berhak merasakan nikmatnya mencicipi bangku pendidikan. Kindergarten bukan satu-satunya lembaga yang dapat meningkatkan kemampuan inteligensi anak, karena Anda sebagai orang tua bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bermain dan sering-sering mengajak mereka belajar, kekritisan anak juga harus Anda tanggapi dengan benar.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *