cara merawat batik

Cara Merawat Batik Khas Asli Madura

Batik adalah kekayaan seni budaya Indonesia yang tidak ternilai harganya. Batik yang ada di Indonesia sendiri terdiri dari beragam motif dan corak khas karena masing-masing daerah di Indonesia memiliki motif dan corak batik tersendiri. Salah satu jenis batik yang terkenal akan keindahan dan kekhasan motifnya tersebut ialah batik tulis Madura. Batik tulis Madura dengan karakter motifnya yang terkesan berani ini tidak hanya terkenal di negeri sendiri saja akan tetapi motif dan corak khasnya tersebut juga telah mampu memukau perhatian masyarakat dunia. Batik tulis Madura yang berani menampilkan warna-warna cerah seperti kuning, merah, hijau muda dan lain sebagainya ini ternyata juga sering dibuat pada media kain khusus seperti sutera. Maka dari itu bagi anda yang memiliki jenis batik tulis Madura berbahan khusus tersebut, anda perlu mengerti cara merawat batik khas asal daerah penghasil garam itu yang tepat supaya motif batik tulisnya tetap terjaga keawetan maupun kecerahan warnanya.

Batik tulis asal Madura merupakan wujud integritas budaya masyarakat Madura. Anda yang ingin membeli batik bernilai seni tinggi asal Madura ini, anda dapat mengunjungi salah satu sentra batik Madura terkenal yang terletak di daerah Pamekasan. Di daerah ini banyak bermukim pengrajin batik tulis Madura yang telah turun temurun mengembangkan usahanya. Banyak sekali jenis motif batik yang unik yang dapat anda beli di daerah tersebut dan kesemuanya merupakan goresan batik tulis dengan nilai ketradisionalan yang masih kuat terjaga. Karena dibuat dan diolah dengan masih mempertahankan cara tradisional, maka anda perlu memperhatikan cara merawat batik tulis asli Madura tersebut dengan cara-cara berikut ini :

  1. Saat akan mencucinya, pisahkan batik dengan cucian lainnya.
  2. Untuk menjaga motif batik tetap tampil prima sebaiknya cuci batik Madura dengan menggunakan sabun lerak yaitu jenis sabun khusus untuk mencuci batik.
  3. Hindari mencuci batik Madura dengan menggunakan mesin cuci. Jika batik terlihat bernoda pastikan mencucinya dengan mengucek-nguceknya saja tanpa harus disikat. Bila tidak ada noda sama sekali, batik tulis Madura cukup diremas-remas saja.
  4. Sangat disarankan untuk mencuci batik dengan menggunakan air hangat.
  5. Membilas batik cukup dengan dicelupkan pada air bersih saja.
  6. Pastikan ketika akan menjemur batik Madura tidak langsung dijemur di bawah sinar matahari.
  7. Gunakan suhu standar saat akan menyetrika batik.
  8. Tidak dianjurkan untuk menggunakan kapur barus saat akan menyimpan batik di dalam lemari.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *