mainan bayi

Bijak Memilih Mainan Bayi

Bermain adalah dunia bagi setiap bayi dan anak-anak. Sehingga dalam tidak jarang para orang tua menyelipkan berbagai edukasi dalam permainan mereka. Permainan-permainan yang melatih motorik dan kemampuan lainnya bisa menjadi sarana belajar yang cukup efektif. Namun tidak jarang ketika tengah asyik bermain, bayi bisa merasa tidak nyaman karena keringat ataupun popok yang basah. Untuk mencegah hal tersebut, ibu bisa menggunakan produk perwatan bayi seperti Switzal karena bisa membantu bayi senantiasa segar.

Memilih permainan yang sesuai dengan usia dan kemampuan bayi memang gampang-gampang susah karena setiap bayi memiliki karakteristik yang berbeda. Di bawah ini ada beberapa tips memilih mainan bayi.

  1. Pilih sesuai usia

Memilih mainan harus disesaikan dengan usia bayi karena disetiap tahapan usia, bayi memiliki kemampuann yang berbeda. Sebagai contoh bayi usia 15-18 bulan memiliki kegemaran untuk bereksplorasi pada lingkungan sekitar seperti merangkak atau memasukkan benda ke mulut. Orang tua bisa memilih mainan yang bisa merangsang gerak motorik mereka. Untuk mainan dengan detail yang kecil harus berada dibawah kendali orang tua karena mungkin bisa tertelan oleh bayi. Untuk bayi usia dua tahun biasanya sudah memiliki kemampuan berjalan sehingga lebih suka untuk mengeksplorasi ruangan.

  1. Mainan yang menumbuhkan kreatifitas anak

Perlu diingat juga bahwa permainan juga harus menjadi tempat mengasah kreatifitas anak. Orang tua bisa menggunakan bahan-bahan bekas seperti gagang es krim, kotak susu, botol bekas, dan lain sebagianya untuk dijadikan mainan baru. Tentu saja proses membuatnya harus mengikutsertakan anak agar mereka bisa mengembangkan kreatifitas.

  1. Mainan sederhana

Biasanya orang tua bisa saja membelikan mainan mahal untuk anak, namun si kecil akan lebih senang bermain dengan mainan yang bisa dijangkau dengan imajinasinya. Sebagai contoh adalah set balok-balok susun atau lego bisa lebih cocok dimainkan dari pada mainan mahal mahal dengan teknologi canggih.

Apapun jenis mainan bayi yang anda pilih, yang terpenting adalah kehadiran orang tua dalam waktu bermain mereka lebih berarti dari pada mainan mahal namun mereka bermain sendiri.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *