Cara Mencegah Penyakit Jantung Dengan Mengubah Kebiasaan Sehari-Hari

Cara Mencegah Penyakit Jantung Dengan Mengubah Kebiasaan Sehari-Hari

Penyakit jantung merupakan penyakit berbahaya yang timbul dari pola hidup tidak sehat dan menjadi penyakit pembunuh tertinggi di dunia. Semua orang tentu menginginkan terhindar dari penyakit mematikan ini dan akan melakukan berbagai cara agar jauh dari hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung. Berikut ini beberapa cara mencegah penyakit jantung dengan menerapkan pola hidup sehat.

Pertama, hentikan kebiasaan merokok. Menghentikan kebiasaan merokok merupakan cara mencegah penyakit jantung paling penting. Tidak ada lagi pilihan selain berhenti merokok untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Kedua, konsumsi antioksidan. Banyak hal yang ditemui setiap hari dapat menciptakan radikal bebas dalam tubuh seperti polusi udara, asap kendaraan bermotor dan asap rokok. Radikal bebas dalam tubuh dapat menciptakan endapan pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan. Antioksidan merupakan suatu zat yang dapat menangkap dan membuang radikal bebas dalam tubuh. zat baik ini terdapat pada beberapa jenis makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang efektif mencegah penyakit jantung.

Ketiga, kontrol tekanan darah. Tekanan darah merupakan salah satu pemicu penyakit jantung. Anda bisa selalu berusaha mempertahankan tekanan darah pada batas 115/75 sebagai batas aman untuk kesehatan jantung. Cara mengontrol tekanan darah adalah dengan melakukan olahraga secara teratur dan kurangi jumlah lemak di bagian perut. Hadirnya lemak di perut dapat menutupi berbagai organ penting. Agar organ penting ini dapat bekerja sebagaimana mestinya maka dibutuhkan tekanan darah lebih. Saat lemak dalam tubuh berkurang maka tekanan darah yang dibutuhkan akan menurun secara drastis.

Keempat, konsumsi 250 gram kacang-kacangan setiap hari. Mengkonsumsi kacang-kacangan setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan efektif dalam menurunkan radang. Selain itu tentu saja kacang dapat membuat jantung tetap sehat karena kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi dan sangat kaya akan protein dan serat.

Kelima, berusaha untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL). Anda bisa melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh hingga mencapai nilai 50. Apalagi bagi kaum wanita, nilai HDL yang tinggi jauh lebih baik daripada LDL rendah. Cara yang dapat anda pilih adalah dengan berolahraga, tinggalkan konsumsi minuman keras, konsumsi makanan mengandung lemak sehat seperti zaitun, canola, asam pantotenat.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *