resep cumi goreng mentega

Memasak Cumi Dengan Olahan Resep Cumi Goreng Mentega

Ikan laut memang banyak diolah menjadi berbagai macam olahan seafood yang digemari masyarakat. Mulai dari kepiting, udang, cumi, tuna, kerang, dan masih banyak lagi. Olahan masakannya pun beragam. Mulai dari olahan tumis, goreng, bakar, panggang, masak mentega, masak asam manis, dan masih banyak lagi. Salah satu jenis seafood yang paling banyak dikreasikan dalam berbagai olahan masakan adalah cumi. Salah satu jenis resep cumi yang paling lezat dan banyak digemari adalah cumi goreng mentega. Mungkin selama ini yang banyak kita kenal adalah udang goreng mentega. Namun ternyata cumi juga tidak kalah lezat bila dimasak dengan olahan cumi goreng mentega.

Langsung saja berikut ini akan dibahas mengenai resep cumi goreng mentega. Bahan-bahan yang anda butuhkan untuk memasak olahan cumi ini antara lain adalah setengah kilogram cumi, setengah bawang Bombay yang yang diiris secara memanjang, serta mentega atau margarine sebanyak 50 gram. Sedangkan untuk bahan saus anda membutuhkan saus inggris 1 sendok makan, gula pasir 1 sendok makan, dan saus tiram 1 sendok makan. Kemudian jahe sebesar 3 cm, bawang putih sebanyak tiga suing,  geprek dan iris kecil, selain itu juga siapkan garam dan gula. Terakhir yang paling penting adalah kecap manis Bango yang kental dan memiliki cita rasa yang kuat.

Kemudian masuk ke cara memasak resep cumi goreng mentega. Pertama bersihkan cumi dan keluarkan isinya hingga bersih, kemudian iris cumi menjadi bentuk cincin. Jika sudah, lumuri cumi dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amisnya. Sementara itu panaskan margarine atau mentega di atas api hingga panas. Masukan cumi yang sudah diiris, kemudian goreng hingga warnanya kekuningan. Jika cumi sudah berubah warna, kemudian angkat dan tiriskan. Selanjutnya anda tinggal membuat adonan sausnya. Masukan bawang Bombay, bawang putih, dan jahe. Tumis hingga harum. Jika sudah harum, baru masukan cumi yang sudah di goreng, tambahkan saus inggris, saus tiram, garam, gula, dan yang paling penting adalah kecap manis Bango.

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *