senam ibu hamil

Tips Memulai Senam Ibu Hamil Bagi Pemula

Bila saat ini Anda akan menjadi seorang ibu muda, dan ingin melakukan senam ibu hamil, Anda harus memahami dengan seksama. Pemahaman ini harus dilakukan dengan baik agar tidak membahayakan kesehatan Anda ataupun janin yang berada di dalam kandungan. Selain itu kesiapan mental dan fisik harus Anda persiapkan dengan baik dan sedini mungkin oleh sang ibu hamil, demi mempersiapkan proses persalinan.

Senam untuk ibu hamil biasanya dilakukan ketika usia kehamilan telah menginjak 30 minggu. Melakukan senam hamil dengan rutin akan sangat membantu kelancaran proses dari persalinan. Tujuan utama dari dilakukannya senam, hamil ini ialah agar Anda mampu menguasai teknik pernapasan, elastisitas otot, hingga menghindari segala macam gangguan ketika akan datangnya proses persalinan.

Bila Anda ingin melakukan senam ini, ada baiknya memperhatikan berbagai macam hal berikut ini:

  1. Mengkonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter. Mengapa perlu mengkonsultasikannya? Hal ini dikarenakan beberapa ibu yang sedang hamil harus bed rest, artinya mereka tidak di perbolehkan untuk melakukan senam,
  2. Senam bisa Anda lakukan saat kehamilan memasuki trimester yang ketiga. Jadwal senam hamil bisa sekali seminggu,
  3. Melakukan senam hamil secara teratur saat Anda sedang hamil dan setelah bersalin,
  4. Saat Anda melakukan senam, pergunakan pakaian yang nyaman serta fleksibel,
  5. Hindari senam hamil yang terlalu lama, senam hamil tidak di anjurkan lebih dari 20 menit,
  6. Persiapkan pernafasan serta mental sebelum Anda mengikuti senam, agar saat mengikuti senam Anda mampu mengambil pernafasan dengan total.

Mungkin senam ibu hamil memang begitu bermanfaat, namun tetap saja ketika Anda melakukannya harus dengan pengawasan yang intensif oleh dokter kandungan. Hindari melakukan senam dengan terlalu memaksa. Senam juga dilakukan hanya seminggu sekali, jangan Anda melakukan senam secara berlebihan, karena senam yang berlebihan akan mampu memperburuk kondisi janin Anda. jadi, perhatikan dengan baik-baik, apalagi untuk Anda yang bed rest, atau harus melakukan istirahat dengan total sehingga tidak di perkenankan untuk melakukan senam.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *