virtual office di jakarta

Tantangan Pengguna Virtual Office di Jakarta dan 4 Hal Kunci Mengatasinya

Keuntungan utama pemanfaatan virtual office di Jakarta adalah Anda dan karyawan tidak perlu pergi ke kantor. Semua pekerjaan bisa dilakukan dari jarak jauh, memungkinkan Anda bekerja nyaman dari rumah. Tetapi hal ini juga menjadi pedang bermata dua, karena pengaturan yang tak efektif akan membuat produktivitas turun, lantaran kurangnya motivasi dan pengawasan.

Ada tantangan lain yang pastinya akan muncul dengan kantor virtual, misalnya:

  • Kurangnya rasa percaya, karena Anda tidak bisa selalu mengawasi para pekerja Anda dan komunikasi antara karyawan yang lebih jarang.
  • Kebudayaan yang saling berlawanan dan berbeda akan membuat kerja sama awal lebih sulit.
  • Kurangnya ada rasa memiliki karena tidak ada tempat kerja fisik.

Jadi, apa yang bisa dilakukan agar sistem kantor virtual di Jakarta ini bisa tetap berjalan dengan baik? Inilah beberapa kuncinya:

Komunikasi

Komunikasi adalah masalah utama di kantor virtual karena karyawan dan Anda tidak selalu bisa bertemu langsung. Anda bisa mengatasinya dengan memasang software yang membuat para pekerja Anda bisa saling berkomunikasi, walau tidak secara langsung, bisa menggunakan kombinasi antara Skype, media sosial, Drive, dll.

Hardware

Tidaklah mungkin melakukan komunikasi dengan efektif jika karyawan Anda tidak mempunyai perangkat yang sesuai standar. Anda setidaknya memerlukan pekerja untuk mempunyai komputer, laptop, smartphone, dan juga internet sebagai syarat, atau Anda harus menyediakannya.

Zona waktu

Bayangkan jika pekerja Anda ada di bagian Indonesia yang waktunya berbeda. Karena itu, Anda harus bisa mengatur waktu kerja yang bisa membuat para karyawan saling berkomunikasi, meski hanya beberapa jam.

Keamanan

Hal yang paling mengkhawatirkan dari adanya virtual office adalah masalah keamanan, karena data tersimpan di cloud dan dikirimkan lewat internet, yang memungkinkan terjadi kebobolan jika Anda tidak hati-hati.

Baca juga : Pentingnya Penanganan Surat Dalam Bisnis

Jadi, meskipun virtual office di Jakarta sendiri tidaklah semahal kantor fisik, tantangan lain yang berbeda akan muncul dan tidak kalah sulitnya. Sebelum mengimplementasikan sistem ini, pastikan bahwa Anda sudah punya jalan keluarnya. Bisa Anda lihat sendiri, mempertimbangkan 4 hal kunci di atas adalah cara agar bisnis bisa berjalan lancar menggunakan kantor virtual.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *