MENJAGA ANAK TETAP SEHAT DENGAN RUTIN KE POSYANDU

Anak adalah anugerah yang diberikan Tuhan kepada kita. Oleh karena itu, kita harus menjaga anak kita sebaik mungkin. Kita bukan hanya diharuskan untuk membesarkan anak dengan nilai – nilai pendidikan agama dan sosial, namun kita harus membesarkan anak dengan cara menjaga kesehatannya. Memelihara kesehatan anak itu sangat penting dilakukan sejak dini, terutama sejak bayi masih berada dalam kandungan. Untuk menjaga kesehatan anak, kita tidak harus pergi ke rumah sakit untuk melakukan general check up dan mengeluarkan biaya yang besar. Namun, hal sederhana dapat dilakukan, seperti menjaga kebersihan anak, makanan dan minuman anak, serta rutin memeriksakan anak ke posyandu.

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan sebuah pusat pelayanan yang disediakan oleh pemerintah untuk berbagai keperluan masyarakat, salah satunya adalah memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Di Posyandu, anda akan mendapatkan beberapa pelayanan kesehatan yang sangat berguna bagi anak anda. Saat anda pertama kali mengandung, anda akan mendapatkan buku kesehatan ibu dan anak (KIA), yang berisi catatan kesehatan ibu (hamil, bersalin, dan nifas) dan anak (bayi baru lahir, bayi, dan anak balita) serta berbagai informasi cara memeilihara dan merawat kesehatan ibu dan anak.

Ketika anda membawa anak anda ke Posyandu, anda akan mendapat beberapa pelayanan kesehatan yang akan sangat berguna bagi anak anda. Setiap anda membawa anak ke Posyandu (biasanya setiap satu bulan sekali), anak anda akan ditimbang berat badannya dan diukur tinggi badannya. Ini dilakukan dengan rutin untuk mengetahui tingkat perkembangan anak dari waktu ke waktu.

Selain menimbang dan mengukur tinggi badan anak, ketika jadwal imunisasi tiba, anak akan mendapat pelayanan imunisasi. Imunisasi sangat penting dilakukan untuk pencegahan berbagai penyakit. Oleh karena itu, anda tidak boleh melewatkan jadwal imunisasi bagi anak anda.

Semua pelayanan kesehatan tersebut akan dicatat dalam buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Oleh sebab itu, buku ini penting dibaca oleh ibu dan ayah si anak. Setiap kali akan pergi untuk nmemeriksakan anak, buku ini harus senantiasa dibawa karena buku ini merupakan catatan kesehatan anak.

Selain Anak yang sudah lahir harus rutin di cek kesehatannya, ibu hamil juga jangan lupa untuk menjaga kehamilannya, Berikut hal-hal yang harus dilakukan saat anda sedang hamil.

Kehamilan adalah saat yang paling ditunggu oleh setiap pasangan suami dan istri. Ada banyak pasangan yang sengaja merencanakan kehamilan dengan melakukan berbagai progra  kehamilan. Selain itu, beberapa pasangan yang sulit memiliki anak pun akan berusaha mati – matian untuk mendapatkan anak melalui berbagai program kehamilan. Kemudian, saat anda sudah dinyatakan hamil, maka anda harus benar – benar menjaga kandungan anda untuk tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, kesehatan ibu dan anak harus dilakukan sejak dini agar anda tetap sehat dan bayi anda pun tetap tumbuh dengan baik.

Ketika anda sedang hamil, ada beberapa hal penting yang harus anda lakukan, diantaranya:

  1. Segera memeriksakan diri ke petgas kesehatan.
    Ketika anda sudah dipastikan hamil melalui test pack yang anda lakukan, maka nada harus segera memeriksakan diri ke dokter atau bidan terdekat. Ini dilakukan agar anda mendapat perhatian lebih dan anda akan mengetahui kondisi kehamilan anda. Anda akan mendapat beberapa obat yang berguna untuk perkembangan kesehatan kandunganm seperti vitamin dan obat penguat kandungan.
  1. Mengukur tinggi badan dan lingkar lengan atas saat pertama kali periksa kehamilan
  2. Menimbang berat badan setiap kali periksa. Berat badan akan naik sesuai dengan usia kandungan.
  3. Mengukur tekanan darah dan besarnya kandungan setiap kali periksa.
  4. Rutin minum vitamin atau pil penambah darah yang diberikan oleh dokter/ petugas pemeriksa kehamilan.
  5. Meminta untuk melakukan imunisasi Tetanus Toksoid untuk mencegah tetanus pada bayi.

Ketika anda akan melakukan imunisasi, ada beberapa tahapan imunisasi yang harus anda lakukan. Imunisasi ini bukan hanya berguna bagi bayi saja. Namun, imunisasi ini pun sangat baik bagi kesehatan ibu dan anak. Imunisasi Tetanus Toksoid (TT) memiliii berbagai tahapan, diantaranya:

  1. TT 1 adalah langkah awal pembentukan kekebalan tubuh terhadap penyakit tetanus
  2. TT 2 dilakukan satu bulan setelah TT 1 dan memiliki durasi perlindungan selama 3 tahun
  3. TT 3 dilakukan enam bulan setelah TT 2 dan memiliki durasi perlindungan selama 5 tahun
  4. TT 4 dilakukan 12 bulan setelah TT 3 dan memiliki durasi perlindungan selama 10 tahun
  5. TT 5 dilakukan 12 bulan setelah TT 4 dan memiliki durasi perlindungan selama lebih dari 25 tahun.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *