7 Cara Cuci Tangan Menurut WHO

Kebersihan merupakan hal utama yang harus dijaga karena dari sini nantilah anda akan mendapatkan tubuh yang sehat, entah sadar atau tidak sebenarnya berbagai macam kuman penyebab penyakit bisa menjangkiti tubuh karena kurang menjaga kebersihan, misalkan saja tangan, bagian yang satu ini , sangat sering bersentuhan dengan benda-benda yang belum tentu bersih, jadi sangat penting mencuci tangan menggunakan sabun sebelum melakukan berbagai macam aktivitas anda, namun apakah cara cuci tangan yang selama ini anda terapkan sudah benar.

WHO mengajarkan masyarakat 7 cara mencuci tangan dengan benar sehingga tak hanya kebersihan luar saja yang di dapatkan, namun juga bebas dari penyakit, berikut ini caranya;

  1. Basahi telapak tangan hingga seluruh bagiannya menggunakan air yang mengalir, kemudian gosok menggunakan sabun hingga berbusa.
  2. Gosok pada bagian punggung tangan.
  3. Lanjutkan pada sela-sela jari hingga bersih.
  4. Bersihkan juga ujung jari yang mengatupnya, bagian ini biasanya sangat banyak mengandung kotoran dan tempat kuman.
  5. Gosok dan putar pada bagian ibu jari secara bergantian.
  6. Letakkan bagian ujung jari pada telapak tangan dan gosok secara perlahan.
  7. Bilas menggunakan air bersih yang mengalir.

7 cara cuci tangan tersebut sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja, jangan sungkan mengajarkannya pada buah hati anda, karena anak-anak jarang memperhatikan kebersihan diri.

3 Aspek Ini Juga Penting untuk Anda Perhatikan dalam Menerapkan Cara Cuci Tangan yang Tepat. Ternyata berbagai macam penyakit serius yang menyerang manusia bisa terjadi hanya karena hal-hal sederhana, misalkan saja jarang mencuci tangan. Padahal bagian ini merupakan yang paling wajib mendapatkan perhatian karena selalu digunakan untuk bersentuhan dengan berbagai macam benda yang belum tentu terjaga kebersihannya, bahkan meskipun hanya sekedar cuci tangan, namun ada cara cuci tangan yang benar dan tidak.

Cara mencuci tangan yang benar harus mempertahankan berbagai aspek, diantaranya adalah:

  • Kebersihan air, meskipun sudah ada bahan yang dinamakan sebagai hand sanitizer, namun tak bisa dipungkiri bahwa air merupakan alternatif utama dalam mencuci tangan, namun apakah anda tau bahwa tak semua air yang digunakan juga bersih, karena jika tidak tentunya aktivitas cuci tangan yang selama ini anda lakukan juga tak membuahkan hasil.
  • Sabun, mencuci tangan tak hanya dengan mengandalkan air namun juga sabun, tetapi tentu bukan sembarang sabun, melainkan sabun yang juga dapat membunuh kuman atau yang lebih dikenal dengan sabun kesehatan.
  • Langkah mencuci tangan yang tepat, tak hanya sekedar mengandalkan air dan sabun melainkan ada langkah-langkahnya, bahkan badan kesehatan dunia atau WHO juga menerapkan 7 langkah cuci tangan yang tepat.

Cara cuci tangan ternyata tak semudah yang dibayangkan mengingat ada banyak hal juga yang patut untuk anda jadikan sebagai perhatian.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *