Pentingnya Penanganan Surat Dalam Bisnis

Setiap bisnis selalu ada surat-menyurat baik melalui pos maupun media elektronik. Bukan hanya itu, pengusaha harus berhubungan dengan konsumen atau relasi melalui kontak telepon. Terkadang penanganan surat ini terabaikan dan dirasa kurang penting. Padahal, surat-surat tersebut turut mempengarui bisnis Anda. Mau tahu alasannya?

Dokumen Resmi

            Surat yang datang ke kantor Anda bisa jadi berisi dokumen penting atau resmi seperti akta jual-beli, kontrak, atau surat pinjaman. Begitu juga dengan surat elektronik atau telepon. Di era modern ini seringkali orang mengirimkan proposal pekerjaan melalui email sehingga perlu memiliki operator khusus yang menangani surat-menyurat.

            Bila Anda memiliki pekerja freelance atau kantor cabang mungkin komunikasi melalui surat lebih sering lagi. Ketepatan membaca isi surat begitu penting karena berkaitan dengan hasil pekerjaan karyawan. Oleh karena itu, administrasi surat ini jangan diabaikan. Jika Anda belum memiliki karyawan khusus bisa menghubungi Regus untuk mendapatkan pelayanan tersebut.

Informasi Penting

            Mungkin Anda hanya punya satu kantor dan sedikit karyawan. Bisnis yang masih permulaan inipun juga membutuhkan penanganan terhadap telepon atau surat yang masuk. Kita harus berpikir bahwa telepon dan surat masuk itu adalah hal yang penting. Bisa jadi telepon berasal dari calon pelanggan kita yang ingin memesan barang atau jasa. Bisa juga informasi mengenai seminar penting, undangan dari relasi, atau undangan pameran bisnis yang berhubungan dengan Anda.

            Bila penanganan surat di tempat Anda sudah berjalan baik, maka informasi penting akan dikelola dengan tepat dan bisa menjadi bahan pertimbangan ketika terjadi masalah. Informasi juga dapat melebarkan ruang bisnis Anda sehingga tidak boleh diabaikan sama sekali. Jangan sampai Anda kelewatan membaca surat undangan bisnis dari relasi.

Kritik dan Saran

            Konsumen tentu berhak memberikan kritik dan saran terhadap bisnis yang Anda kembangkan. Kritikan tersebut akan menjadi masukan bagi usaha Anda agar terus maju. Oleh karena itu perlu karyawan yang memperhatikan kritik dan saran dari pelanggan tersebut. Kalau perlu mendokumentasikannya dan mencatat poin-poin penting. Hal ini memerlukan waktu dan pikiran, jika Anda belum punya orang khusus untuk menangani administrasi surat kritik dan saran serahkan saja pada Regus.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *