anak bermain

MEMPERSIAPKAN ANAK BERMAIN DI LUAR RUMAH

Anak bermain di luar rumah merupakan suatu hal yang banyak memberikan nilai positif bagi mereka. Lingkungan luar rumah yang luas dan segar tentu suatu saat perlu dirasakan oleh bayi yang beranjak dewasa. Bermain hanya di dalam rumah justru akan menghambat perkembangannya, baik dari sisi fisik maupun psikis. Meskipun bermain di luar rumah ini baik, namun kita perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mulai memberikan keleluasaan anak kita bermain di luar.

Hal pertama yang perlu dipastikan adalah keamanan, pastikan cuaca maupun kondisi luar rumah sedang dalam keadaan yang baik untuk ajang bermain. Jika perlu maka Anda harus mengawal permainan anak-anak Anda di luar rumah. Apalagi jika ini menjadi ajang perdana anak Anda mengenal permainan di dunia luar. Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah kebersihannya. Kebersihan ini dilakukan sebelum dan setelah anak Anda bermain di luar rumah. Saat sebelum bermain, pastikan Anda membekali buah hati Anda dengan pakaian bersih meskipun akan kotor kemudian. Dan setelah bermain, biasakan untuk segera memandikan buah hati Anda dengan bersih dari ujung kaki hingga ujung kepala.

Dengan berkotor-kotoran, anak biasanya akan mulai mengerti hal-hal baru. Dua hal tersebut, yaitu keamanan dan kebersihan menjadi dua faktor utama yang sangat harus diperhatikan orangtua ketika membiarkan Anak bermain di luar rumah. Ini akan menjaga kesehatannya sekaligus mengawal perkembangan kreativitasnya tetap maksimal.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *