cek up kesehatan lengkap

Apakah Anak-anak Juga Berisiko Terjangkit Penyakit Hipertensi?

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi identik dengan penyakit yang dialami oleh para orangtua. Padahal, faktanya penyakit hipertensi bisa menyerang semua kalangan umur termasuk anak-anak. Pola hidup yang kurang sehat atau gangguan kesehatan pada organ tubuh lainnya ternyata bisa menyebabkan penyakit hipertensi pada anak-anak. Fakta apa saja yang bisa dipelajari dari penyakit hipertensi yang menyerang anak-anak?

Mendiagnosis Hipertensi pada Anak Ternyata Tak Mudah

Tidak semudah hipertensi yang menjangkiti para orangtua, proses diagnosis hipertensi pada anak tidak hanya membutuhkan informasi tekanan darah saja. Sebab, informasi tekanan darah anak juga akan dihitung berdasarkan tinggi badan, berat badan, aktivitas, dan jenis kelamin anak.

Penyebab Hipertensi pada Anak

Hipertensi pada anak bisa disebabkan oleh beragam faktor, yang secara garis besar bisa dibagi menjadi dua yaitu faktor eksternal dan  internal. Faktor eksternal adalah kondisi obesitas yang dialami anak-anak. Asupan kalori yang berlebihan dan tidak diiringi dengan intensitas aktivitas fisik yang optimal bisa menyebabkan anak-anak memiliki berat badan yang berlebihan. Kondisi kelebihan berat badan tersebut dapat memicu kolesterol dan tumpukan lemak yang mengganggu kinerja organ jantung dan pembuluh darah.

Faktor internal yang bisa menyebabkan hipertensi pada anak adalah penyakit jantung dan ginjal. Penyakit jantung bawaan seperti kelainan pembuluh darah atau kelainan organ jantung membuat jantung dan pembuluh darah harus bekerja ekstra keras memompa darah dari dan ke seluruh tubuh. Hal yang sama juga terjadi bila ginjal memiliki kelainan serta penurunan fungsi untuk menyaring darah dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Cara Mencegah Hipertensi pada Anak

Mencegah penyakit hipertensi pada anak sebenarnya bukan hal yang sulit. Anda bisa membiasakan anak-anak untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi sedini mungkin. Batasi konsumsi makanan dengan kandungan garam berlebihan, serta ajaklah mereka memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Tidak masalah bila anak-anak memiliki nafsu makan yang tinggi. Karena Anda bisa menyiasatinya dengan mengajak anak-anak melakukan aktivitas fisik setiap hari. Aktivitas fisik bukan hanya memaksimalkan tumbuh kembang anak, namun juga bermanfaat untuk membatasi pertambahan berat badan anak secara normal. Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mencegah hipertensi pada anak adalah melakukan cek up kesehatan secara teratur.

Tanamkan kebiasaan menjaga kesehatan secara konsisten pada anak-anak. Sehingga anak-anak tidak merasa takut bila harus melakukan cek up kesehatan. Mari jadikan kegiatan cek up kesehatan lengkap sebagai salah satu gaya hidup modern yang melambangkan kepedulian terhadap kesehatan tubuh keluarga.

Bagi Anda yang ingin tahu tentang bagaimana mengurangi resiko penyakit hipertensi simak pada artikel berikut




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *