Batu Ginjal

Batu ginjal adalah satu keadaan terbentuknya material keras yang mirip batu didalam ginjal. Material itu datang dari bekas beberapa zat limbah didalam darah yang dipisahkan ginjal yang lalu mengendap serta mengkristal seiring berjalannya waktu.

Endapan batu didalam ginjal dapat dikarenakan oleh makanan atau permasalahan kesehatan lain yang mendasari. Berdasar pada beberapa jenis batu ginjal, keadaan ini bisa dibagi jadi empat type paling utama, yakni batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, serta batu sistin.

Tanda-tanda batu ginjal

Tanda-tanda disebabkan batu ginjal umumnya akan tidak dirasa penderitanya bila batu itu masih tetap ada didalam ginjal. Tanda-tanda juga akan tidak merasa bila batu ginjal memiliki ukuran sangatlah kecil hingga dapat keluar dari badan lewat ureter dengan gampang. Ureter yaitu saluran yang menyambungkan ginjal dengan kandung kemih.

Tanda-tanda disebabkan batu ginjal baru dapat merasa bila batu memiliki ukuran semakin besar dari diameter saluran ureter. Batu yang besar bakal bergesekan dengan susunan dinding uterer hingga mengakibatkan iritasi serta bahkan juga luka. Oleh karenanya, urin terkadang dapat memiliki kandungan darah. Terkecuali menghematasi ureter, batu ginjal dapat juga tersangkut didalam ureter hingga urin tak dapat keluar serta menumpuk di ginjal.

Tanda-tanda batu ginjal dapat berbentuk nyeri pada pinggang, perut sisi bawah, serta selangkangan. Terkecuali rasa nyeri, beberapa gejala batu ginjal yang lain dapat berbentuk muntah-muntah, menggigil serta demam.

Pasien batu ginjal di Indonesia

Batu ginjal adalah penyakit yang jumlah penderitanya relatif tinggi di Asia, terutama di Indonesia. Menurut survey yang dikerjakan oleh US Census Bureu pada th. 2004, jumlah pasien batu ginjal di Indonesia diprediksikan meraih 876. 000 orang. Batu ginjal adalah keadaan yang cukup umum terkena oleh beberapa orang yang berumur 30 sampai 60 th.. Penyakit ini semakin banyak terkena oleh pria dibanding wanita.

Diagnosis batu ginjal

Dalam mendiagnosis batu ginjal, pertama-tama dokter bakal coba menggali info terlebih dulu dari pasien sekitar beberapa gejala yang dirasakannya. Umumnya dokter bakal bertanya apakah pasien pernah menanggung derita batu ginjal pada awal mulanya, mempunyai kisah keluarga berpenyakit sama, atau apakah terakhir pasien kerap konsumsi makanan atau suplemen yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Sesudah info lisan itu dihimpun, dokter bakal lakukan beberapa tes untuk meyakinkan diagnosisnya bila dibutuhkan. Tes itu dapat berbentuk tes urin, tes darah, serta kontrol melalui citra gambar seperti intravenous urogram, CT scan, serta X-ray.

Penyembuhan batu ginjal

Penyembuhan penyakit batu ginjal dibagi jadi dua berdasar pada ukuran batu ginjalnya. Bila batu ginjal masih tetap termasuk kecil atau tengah, dan masih tetap bisa melalui saluran kemih tanpa ada mesti dikerjakan operasi, dokter umumnya bakal merekomendasikan pasien untuk minum air putih saja sesuai sama ukuran yang dianjurkan. Karenanya ada aliran cairan dengan cara terus-menerus, diinginkan batu ginjal bisa terdorong keluar dengan sendirinya.

Jika tanda-tanda yang dirasa oleh pasien cukup mengganggu, umumnya dokter cukup meresepkan obat pereda rasa sakit, umpamanya parasetamol, ibuprofen atau kodein.

Perlakuan batu ginjal yang dengan operasi sangatlah tidak sering dikerjakan. Langkah ini umumnya baru bakal diaplikasikan bila batu memiliki ukuran semakin besar hingga menyumbat saluran kemih pasien. Jika tak selekasnya diakukan, di kuatirkan keadaan itu bisa mengakibatkan permasalahan kesehatan yang lebih kronis seperti pendarahan atau bahkan juga rusaknya ginjal.

Pencegahan batu ginjal

Langkah menghindar batu ginjal sesungguhnya cukup simpel. Anda cuma butuh minum cukup air putih setiap hari serta membatasi mengkonsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang memiliki kandungan beberapa zat yang punya potensi mengakibatkan terbentuknya batu ginjal, seperti oksalat, kalsium, serta protein.

Terkecuali dengan minum cukup air serta membatasi konsumsi beberapa zat spesifik, pencegahan batu ginjal dapat juga dikerjakan dengan konsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Umumnya langkah ini disarankan untuk menghindar kambuh untuk mereka yang pada awal mulanya pernah menanggung derita batu ginjal.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *