Penyebab Kulit Wajah Kering

Kulit wajah kering adalah salah satu masalah kulit yang sangat umum terjadi. Biasanya ditandai dengan kulit wajah yang mengelupas dan permukaan kulit terlihat pecah-pecah. Untungnya, sebagian besar penyebab kulit kering tersebut dapat kita kontrol dengan melakukan beberapa perawatan sederhana. Lalu apa sajakah penyebab kulit kering pada wajah?
Berikut beberapa diantaranya :

  1. Musim dingin. Kulit kering biasanya muncul saat musim dingin dimana suhu udara yang rendah membuat tingkat kelembaban udara ikut menurun. Akibatnya, air yang terkandung di permukaan kulit lebih mudah mengalami evaporasi sehingga kulit menjadi kering dan terlalu kencang sehingga menimbulkan kulit mengelupas.
  2. Ruangan yang bersuhu tinggi. Biasanya kondisi ini terjadi pada orang-orang yang bekerja di pabrik atau dekat dengan mesin yang mengeluarkan suhu tinggi. Suhu udara ruangan yang terlalu panas tidak hanya dapat menyebabkan kulit wajah kering, tapi juga mengeringkan membran mukosa sehingga kulit bibir menjadi pecah-pecah, mimisan akibat bagian dalam hidung terlalu kering hingga sakit tenggorokan.
  3. Mandi terlalu lama dengan air panas. Setelah melewati hari yang panjang dan melelahkan, mandi dengan air panas memang dapat membuat tubuh Anda terasa rileks. Akan tetapi air yang suhunya terlalu tinggi dapat menghilangkan minyak alami pada permukaan kulit yang berfungsi untuk menjaga tingkat kelembaban kulit. Sebaiknya gunakan air dengan suhu suam kuku yang paling baik untuk kulit.
  4. Penggunaan sabun cuci muka dengan bahan yang terlalu keras. Beberapa sabun cuci muka tertentu mengandung bahan kimia yang dapat menghilangkan minyak alami pada permukaan kulit wajah. Untuk itu berhati-hatilah dalam memilih sabun cuci wajah agar tidak membuat kulit muka kering. Salah satu sabun wajah yang tidak membuat kulit kering adalah Ponds Men Facial Wash. Karena mengandung moisturizer dalam setiap produknya sehingga dapat melapisi kulit dengan pelembab yang membuat kulit tidak cepat kering.
  5. Tidak menggunakan krim pelembab. Jangan meremehkan fungsi penggunaan krim pelembab. Sebab krim tersebut memiliki kandungan moisturizer yang dapat menjaga air dan minyak alami pada permukaan kulit agar tidak cepat menguap saat kelembaban udara rendah.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *