Membersihkan Noda Air pada Peralatan Kamar Mandi dari Stainless Steel

Banyak orang yang kesulitan dalam hal cara menghilangkan noda air di Stainles Steel. Karena Stainless steel merupakan bahan anti karat yang mengandung lapisan kromium, dimana lapisan ini dapat menghalangi proses oksidasi besi yang dapat menimbulkan karat. Meskipun tahan karat, namun bahan stainless steel sangat rentan terhadap noda kerak air. Apalagi jika bahan stainless ini terdapat di kamar mandi anda seperti keran air, shower, rak sabun sampai gantungan handuk.

Kondisi kamar mandi yang lembab dan basah tentu membuat bahan-bahan stainless steel tersebut terkena cipratan air, yang apabila didiamkan dapat menimbulkan warna kusam lalu timbul bintik-bintik hitam dan menjadi karat. Untuk menghindari hal tersebut, berikut cara menghilangkan noda air pada peralatan kamar mandi stainless steel anda.

Untuk membersihkan noda air biasa, anda cukup menggunakan air hangat dan kain dengan serat mikro berdaya serap tinggi. Gunakan cara ini secara teratur terutama setiap habis mandi agar noda bekas air tidak keburu membekas. Segera lap permukaan stainless steel sampai benar-benar kering.

Jika noda air tetap membandel dan tidak bisa hilang menggunakan lap, maka anda bisa menambahkan soft detergen atau sabun mandi ringan. Caranya campurkan sabun dengan air hangat lalu gunakan spons untuk membersihkan bagian bernoda air menggunakan spons. Setelah noda hilang, bilas dengan air hangat lalu keringkan menggunakan lap microfiber. Pastikan benar-benar kering karena stainless steel tidak tahan dalam kondisi lembab dan basah.

Jika noda sudah berbentuk kerak air, maka cara perawatan stainless steel anda bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan kerak tersebut. Caranya cukup oleskan pasta gigi pada bagian yang bernoda kerak. Jangan oleskan terlalu banyak, cukup tipis-tipis dan gunakan spons untuk membersihkannya. Jangan menggosok terlalu keras atau kasar karena dapat mengurangi kemilau warna stainless steel.

Jika kerak yang ditimbulkan sudah cukup tebal dan tidak bisa menggunakan pasta gigi, anda bisa menggunakan cuka dapur yang dicampur dengan air hangat. Tuangkan larutan air dan cuka ke spons bersih dan usapkan pada kerak yang membandel. Setelah kerak memudar, bisa dilanjutkan dengan menggunakan pasta gigi sampai noda kerak air benar-benar menghilang.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *