energi alternatif bagi masa depan

Energi Alternatif sebagai Penyelamat Masa Depan

Seringkali istilah energi hadir dalam kehidupan masyarakat. Namun apa arti energi sesungguhnya? Pada dasarnya, energi adalah sumber yang berfungsi sebagai modal agar sebuah kegiatan dapat berjalan. Tanpa energi, kehidupan manusia akan terhenti. Namun, kebanyakan sumbernya adalah tersedia dari alam yang akan habis jika dipakai terus menerus. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal ini? Hal yang paling penting adalah siapkan energi alternatif. Dengan menyiapkannya sedari sekarang, masa depan kehidupan akan lebih terjaga.

Energi yang digunakan sebagai energi pengganti bisanya adalah berasal dari sumber-sumber yang dapat diperbaharui, belum pernah diolah, hasil penemuan baru, atau sumber yang jumlahnya melimpah. Di bawah ini adalah contoh-contohnya:

  • Panas bumi. Sumber ini sangatlah melimpah jumlahnya dan dapat terbarukan.
  • Meski masih menjadi kontroversi, efkektivitas penggunaan nuklir sebagai sumber energi sangatlah tinggi.
  • Sinar matahari. Sinar matahari menjadi salah satu sumber daya yang paling melimpah jumlahnya. Terlebih di Indonesia, sebagai Negara yang terletak di iklim tropis dan dilewati garis khatulistiwa, ketersediaan energi ini snagat besar jumlahnya.
  • Angin menjadi sumber yang cukup menjanjikan mengingat keberadaannya yang mudah dijumpai. Negara maju seperti Belanda sudah mengadopsi penggunaannya sejak lama.

Menyiapkan energi alternatif sama dengan menyiapkan masa depan. Cermat memakai dan memilih sumber adalah salah satu yang dilakukan Sewatama yang kini mengembangkan pembangkit listrik tidak hanya dari fosil.

Sumber artikel :

http://www.bitobe.net/2014/07/beberapa-kelebihan-menggunakan-energi-alternatif/




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *