definisi independent power producer

Definisi Independent Power Producer

Independent Power Producer atau IPP merupakan kontraktor penghasil listrik swasta yang melakukan pembangkitan di bidang tenaga listrik melalui pembangunan. Namun meskipun demikian kegiatan pembangkitan ini tidak mencakup pada transmisi, distribusi maupun penjualan tenaga listrik usaha tersebut. Untuk mendirikan pembangkit seperti ini tentu saja setiap perusahaan sebelumnya harus memperoleh ijin terlebih dahulu sebelum mengadakan penyediaan listriknya.

Seiring dengan perkembangan jaman pada akhirnya perusahaan swasta yang mendirikan pembangkit seperti ini bekerja sama dengan PLN. Kerja sama yang dilakukan yaitu dengan menjual hasil pembangkit listrik yang sebelumnya ditempatkan di power plant kepada PLN. Salah satu contohnya yang sudah dikenal adalah proyek Paiton yang terdapat di Jawa Timur. Dengan melihat nilai harga yang ditawarkan oleh PLN yang sangat tinggi menjadikan salah satu daya tarik bagi masing-masing perusahaan swasta.

Meskipun banyak sekali perusahaan-perusahaan swasta yang mencoba peruntungannya di bidang ini tidak semuanya mendapatkan respon baik dari PLN. Namun bagi perusahaan yang sudah menjalin kerjasama dengan PLN ada banyak sekali keistimewaan yang didapatkan meliputi jaminan dari pemerintah. Selain itu adapun resiko force majeure atau pemerintah dan alam ditanggung oleh PLN. Keuntungan berikutnya yang terakhir yaitu membuat perusahaan menjadi lebih bankable.

Pada dasarnya kegiatan Independent Power Producer atau IPP ini terbagi menjadi 2 skema yaitu PPP dengan goverment support dan bisnis to bisnis ( tanpa goverment ). Untuk menjalankan proyeknya kegiatan ini tentu harus dilaksanakan berdasarkan kategori yang terdiri dari 4 jenis. Kategori tersebut diantaranya adalah IPP dengan pola PPP, IPP dengan pola bisnis to bisnis, dan IPP dengan panas bumi. Sedangkan untuk jenis yang terakhir IPP skala kecil dengan pola publish tarif.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *