Earl Grey Tea

Bahaya Teh Earl Grey

Apakah earl grey tea termasuk dalam daftar minuman terfavorit Anda dan menjadikannya minuman rutin? Jika ya, apakah Anda sering mengalami kram otot? Ternyata banyak yang telah mengalami hal yang sama seperti Anda. Ketika mereka menggantinya dengan black tea atau teh lainnya, keluhan kram tersebut ikut terhenti. Earl grey tea adalah salah satu dari banyaknya varian teh yang ditambahkan ekstrak minyak jeruk Bergamot, membuatnya memiliki harum jeruk. Jeruk Bergamot berasal dari Asia yang ditanam secara komersial di Itali dan Prancis.

Minyak dari jeruk Bergamot mengandung bergapten, bergamottin, dan citropten. Pada satu kasus seorang pria berumur 44 tahun, ia mendatangi dokternya dengan keluhan kram otot. Ia minum teh hitam sebanyak 4 liter setiap harinya selama 25 tahun dan baru-baru ini ia mengganti tehnya dengan earl grey, karena ia mempercayai jenis ini lebih aman untuk perutnya. Beberapa minggu kemudian ia mengalami kram otot di kaki kanannya, berikutnya kram tersebut menyebar ke kaki kiri, betis kanan dan tangannya.

Ciri lainnya ia juga merasakan tekanan pada matanya dan rasa seperti terbakar pada beberapa bagian tubuh lainnya. Setelah lima bulan lamanya ia kembali mengganti tehnya ke pure black tea dan semua ciri-ciri diatas menghilang dalam seminggu. Ia juga tidak mengalami hal-hal tersebut ketika ia menghentikan konsumsi tehnya. Teh pada dasarnya memiliki banyak manfaat kesehatan namun segala sesuatu yang berlebihan memang kurang baik untuk kita.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *