Teh Earl Grey

Asal Usul Kedatangan Teh Earl Grey

Earl grey tea adalah teh dengan rasa menyerupai jeruk bergamot yang dibuat untuk meniru Chinese tea yang telah lama dikenal di Inggris semenjak tahun 1820-an. Ramuan earl grey diasumsikan diberi nama berdasarkan Earl Grey Ke- 2, seorang perdana menteri Inggris di tahun 1830 yang juga penggagas Reform Bill tahun 1832, yang konon menerima hadiah untuk kepentingan diplomatik berupa teh berbumbu minyak Bergamot. Jeruk Bergamot (citrus bergamia) adalah pohon jeruk kecil yang mekar selama musim dingin dan ditanam secara komersial di Italia.

Yang kemungkinannya hasil hibrida antara Citrus limetta dan Citrus aurantium. Menurut salah satu legenda, seorang orang tua dari Cina berterima kasih pada Lord Grey karena telah menyelamatkan anaknya yang tenggelam. Pada saat itulah campuran pertama Earl dilakukan pada tahun 1803. Namun sepertinya ini hanya sebuah kisah saja, karena Lord Grey tidak pernah menginjakkan kakinya di Cina dan penggunaan minyak Bergamot untuk memberi aroma pada teh pun tidak dikenal di Cina.

Jackson dari Picadilly menyatakan merekalah yang menemukan earl grey tea. Lord Grey memberikan resepnya untuk Robert Jackson & Co. Menurut Jackson, resep asli telah di produksi terus menerus dan resepnya tidak pernah hilang dari mereka. Mereka telah membuat varian teh Cina sejak awal. Menurut keluarga Grey, teh tersebut secara khusus diramu oleh seorang mandarin yang kemudian menjadi terkenal dan mereka diminta untuk menjual ramuan teh tersebut, Berangkat dari situlah Twinings menjadi merek pembuat teh ternama. Banyak sekali manfaat minum teh yang di dapat bagi kesehatan tubuh kita.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *