Manfaat Biopori Bagi Lingkungan

Biopori

Biopori

Banyaknya permasalahan lingkungan saat ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab kita semua dan lubang resapan biopori bisa menjadi salah satu solusi untuk menanggulanginya. Saat ini kita tidak bisa menggantungkan pemecahan atas segala permasalahan terhadap yang berwenang, sebagai warga masyarakat yang bertanggung jawab kitapun bisa ikut turng tangan dan menjadi bagian dari solusi. Dengan begitu kitapun dapat ikut melestarikan lingkungan secara langsung dan tidak terjebak hanya dalam wacana.

Ada banyak kontribusi yang diberikan oleh lubang resapan biopori terhadap lingkungan. Salah satunya adalah meningkatkan daya resap air yang secara berkelanjutan dapat dengan cepat mengisi persediaan air tanah. Sehingga jika musim kemarau datang persediaan air kita masih terjaga. Banyaknya pembangunan mungkin bisa dijadikan salah satu kambing hitam mengapa sekarang ini terjadi banyak genangan air di lingkungan kita. Genangan air ini jika dicampur dengan saluran yang tersumbat dan kebiasaan kita tidak membersihkan lingkungan maka dapat menciptakan banjir di area yang lebih luas.

Maka dari itu pembuatan lubang resapan ini merupakan solusi yang bisa kita lakukan sendiri di sekitar lingkungan kita. Karena satu titik lubang resapan mungkin tidak terlalu berpengaruh, tapi coba bayangkan jika seluruh rumah yang ada membuat satu saja lubang resapan maka efeknya tentu akan signifikan bagi kelestarian air tanah kita. Selain sebagai lubang resapan di dalam lubangnya sendiri kita dapat menimbun sampah organik sehingga dapat menghasilkan pupuk kompos yang juga dapat menyuburkan tanah.


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *