tips mengatasi biang keringat

Tips Untuk Mengatasai Masalah Biang Keringat

Biang keringat memang lebih identik dengan bayi dan anak-anak, tapi bukan berarti orang dewasa terbebas dari masalah biang keringat. Pasalanya, biang keringat terjadi tidak ada ada hubungannya dengan usia, tetapi lebih kepada faktor penjagaan kebersihan. Ketika seseorang senantiasa menjaga kebersihan tubuh, maka masalah biang keringat pun enggan datang.

Walaupun sepele, masalah biang keringat sebenarnya bisa sangat mengganggu. Rasa gatal yang disebabkan karena iritasi kulit membuat seseorang sulit beraktivitas. Belum lagi jika akibat biang keringat tersebut, juga menyebabkan iritas pada kulit, yang akan menyisakan rasa perih atau nyeri. Nah, jika Anda adalah orang yang rentan berkeringat, sehingga sangat mungkin mengalami gangguan biang keringat, maka ada beberapa tips untuk mengatasi masalah biang keringat yang bisa Anda lakukan.

Rajin Membersihkan Badan

Jika Anda mudah berkeringat, ini pertanda Anda harus memiliki waktu yang lebih banyak untuk membersihkan badan. Mandi adalah salah satu cara untuk mencegah Anda berkeringat terlalu banyak. Terutama di musim panas, Anda yang rentan berkeringat sebaiknya meluangkan waktu yang  lebih banyak untuk mandi.

Gunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Pilihlah pakaian yang dingin dan mudah  menyerap keringat, jika Anda rentan berkeringat. Dengan begitu, keringat di tubuh tidak akan menumpuk di pori-pori kulit yang menyebabkan munculnya masalah biang keringat. Jika Anda bertubuh gemuk, usahakan gunakan pakaian yang longgar, agar aktivitas Anda lebih mudah, sirklasi darah menjadi lebih lancar, dan saat Anda berkeringat, akan lebih cepat menguap.

Jangan menggaruk Keringat yang Gatal

Ya, rasa gatal pasti sangat mengganggu jika Anda berkeringat. Tapi, menggaruknya dengan tangan bukan solusi yang baik, bahkan hanya akan menyebabkan kulit iritasi. Gunakan handuk lembut untuk menggosok keringat, saat Anda merasakan sangat gatal pada bagian tersebut. Akan lebih baik jika Anda merasa gatal akibat biang keringat, Anda segera mencari tempat yang lebih dingin dan kering sehingga lembab di tubuh Anda akan berkurang.

Gunakan Payung Atau Topi Saat Cuaca Sangat Panas

Kadang kita merasa cuaca panas tidak masalah untuk berjalan-jalan di luar ruangan, padahal, cucara panas penyumbang masalah biang keringat paling besar untuk seseorang. Nah, jika Anda berjalan di luar ruangan saat cuaca panas dengan tujuan buakn untuk berolahraga, maka gunakan pelindung seperti topi atau paying. Hal ini akan mengurangi paparan Anda dengan panas matahari yang menyebabkan Anda berkeringat.

Tetap Menjaga Keseimbangan dengan Konsumsi Air Putih

Nah, yang terpenting Adalah tetaplah menjaga kesehatan dengan senantiasa mengkonsumsi air putih. Air putih akan membantu untuk menetralkan suhu tubuh yang hangat, sehingga menjadi lebih sejuk. Sekalipun pengeluaran keringat adalah tanda sirkulasi tubuh yang baik, tapi tanpa perawatan kebersihan keringat justru akan menjadi boomerang untuk Anda.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *