Bibir Kering Saat Puasa

Tips Mencegah Bibir Kering Saat Berpuasa

Memasuki bulan suci Ramadan, masalah bibir kering  rasanya sulit untuk dielakkan. Tak heran, karena mengingat asupan air yang berkurang selama puasa akan mengakibatkan dehidrasi yang biasa ditandai dengan bibir kering. Saat bibir sudah terlampau kering, ia akan terkelupas dan membuat rasa perih yang mengganggu dan memengaruhi nafsu makan. Padahal, perawatan bibir sebenarnya tak sulit, loh. Asal dilakukan dengan tepat, bibir yang cantik dan sehat pun bisa tetap terjaga selama berpuasa. Berikut ini adalah beberapa tips mencetah bibir kering saat berpuasa.

Minum Air Putih

Kita memerlukan asupan 8 – 10 gelas air putih dalam sehari. Anda bisa mengakalinya dengan membagi waktu minum selama berbuka puasa, menjelang tidur dan saat sahur. Angka kebutuhan ini harus tetap terpenuhi untuk menyeimbangkan cairan yang diperlukan oleh tubuh. Teh dan kopi, sebaiknya dihindari dahulu selama bulan Ramadan karena keduanya bersifat duretik alias dapat memicu pengeluaran air seni, sehingga dapat lebih cepat mengurangi cairan di dalam tubuh.

Tambah Vitamin

Mengonsumsi vitamin C dan E pun penting untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam. Konsumsi saat sahur agar aktivitas harian Anda senantiasa tetap terjaga.

Oleskan Lip Balm

Item kecantikan satu ini menjadi barang wajib yang harus selalu ada di tas. Kemudian, hindari kebiasaan buruk seperti mengigit dan menjilat bibir. Saat bibir Anda kering, apalagi jika terterpa matahari, oleskan lip balm agar kulit bibir tetap terjaga kelembapannya. Pilih lip balm dengan SPF 15 atau pilih yang kaya pelembap seperti pertoleum jelly.

Jangan Dikelupas

Bibir kering  yang dikelupas dengan sengaja oleh tangan bisa membuat bibir menjadi luka dan iritasi. Selanjutnya, bisa terbayangkan bagaimana perihnya bibir Anda saat terkelupas. Bisa-bisa, saat berbuka puasa nafsu makan malah akan hilang.

Pakai Bahan Alami

Untuk memperkaya kelembapannya, biasakan untuk mengoleskan madu tipis-tipis pada bibir sebelum tidur. Bahan alami lain seperti olive oil  atau minyak kelapa pun bisa membuat bibir terasa lembut. Saat sahur, Anda juga bisa meminum madu sebanyak tiga sendok makan untuk menjaga kelembapan dan vitalitas bibir.

Eksfoliasi Ringan

Menjelang imsak, gosok gigi dan lanjutkan dengan mengaplikasikan lip scrub untuk mengangkat sel-sel kulit bibir yang sudah mati. Gunakan sikat gigi kecil yang lembut, lalu gosokan perlahan pada bibir yang telah dibasahi. Hal ini bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit baru.

Konsumsi Buah

Utamakan konsumsi buah saat buka puasa dan sahur untuk membantu mencegah atau mengurangi keluhan bibir kering . Pasalnya, keistimewaan serat dan cairan pada buah-buahan tak dapat diragukan lagi, termasuk untuk memelihara kesehatan bibir. Dengan begitu makan bibir anda akan tetap sehat dan tidak menjadi kering.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *