puasa

Tips Agar Bisa Mengawali Puasa Ramadhan Dengan Sehat

Tidak ingin dong, awal puasa tahun ini diwarnai dengan kondisi fisik yang tidak sehat? Pastinya, Anda ingin memulai puasa tahun ini dengan badan yang bugar dan pikiran yang segar, bukan? Jika memang demikian, mulai sekarang Anda harus memperhatikan kesehatan Anda, agar Anda dapat mengawali puasa Ramadhan dengan sehat.

Jiak Anda adalah orang yang di hari-hari pada umumnya telah menjalankan gaya hidup yang sehat, mungkin tidak banyak perubahan yang akan Anda lakukan pada puasa tahun ini. Tetapi, jika Anda sama sekali jarang menjalankan hidup sehat, kelihatannya Anda harus berbenah. Jangan sampai momen awal puasa membuat Anda terkapar sakit, sehingga mengganggu ibadah Anda yang hanya satu tahun sekali ini. Berikut ini adalah beberapa tips agar bisa mengawali puasa Ramadhan dengan sehat, yaitu:

Kurangi Konsumsi Es

Minuman dingin memang sejuk untuk tenggorokan. Apalagi jika aktivitas harian Anda begitu sibuk, Anda pasti lebih memilih mengkonsumsi minuman segar daripada yang hangat. Sayangnya, saat ini penyakit batuk juga sedang mewabah. Cuaca pun sedang menuju ke ke musim hujan. Nah, jika Anda memaksakan diri untuk mengkonsumsi es terlalu banyak, akibatnya Anda akan rentang terkena radangtenggorokan atau penyakit batuk. Hal ini juga berlaku jika Anda telah memasuki bulan Ramadhan. Untuk mengawali puasa Ramadhan dengan sehat, konsumsilah es dalam jumlah yang secukupnya. Jika memang Anda masih bisa menggantikan es dengan air sejuk biasa, itu akan menjadi lebih baik untuk kesehatan Anda.

Kurangi Mengkonsumsi Gorengan

Camilan satu ini memang tidak ada matinya. Sayang sekali, usai mengkonsumsi gorengan kadang tenggorokan akan terasa gatal. Ujung-ujungnya justru radang atau batuk kembali menyerang Anda. Jika Anda memang sangat ingin makan gorengan, lebih baik Anda membuat sendiri gorengan Anda sendiri dengan minyak yang baik, sehingga Anda tidak rentan bermasalah dengan kolesterol.

Banyak Minum Air Putih

Diharapkan dengan mengkonsumsi air putih, maka sirkulasi di tubuh Anda akan semakin baik. Peredaran darah juga lancar dan metabolisme tubuh akan lebih baik, sehingga racun-racun tubuh akan mudah dikeluarkan. Jika Anda kurang suka mengkonsumsi air putih, Anda boleh menambahkan sari buah sehingga air minum yang Anda konsumsi memiliki rasa yang sesuai dengan favorit Anda.

Waktu Tidur yang Cukup

Momen piala memang kerap membuat kita menghabiskan waktu malam hari untuk menonton bola, akibatnya kita menjadi kurang tidur. Jika Anda kurang tidur, maka imunitas tubuh Anda kemungkinan bisa menurun, apalagi jika konsumsi makanan harian Anda juga tidak sehat. Nah, untuk mengatasinya, Anda harus pintar mengatur waktu istirahat Anda sebaik mungkin, sehingga jam tidur yang hilang di waktu malam bisa tergantikan. Selain berbekal tubuh yang sehat, tentu saja niat yang kuat akan membuat suasana puasa ini menjadi lebih berkah. Semoga Anda bisa mengawali puasa Ramadhan dengan sehat di tahun ini.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *