Energi Baru Terbarukan di Rumah Anda

Perkembangan teknologi masa kini telah secara positif mendorong pertumbuhan penggunaan energi baru terbarukan untuk digunakan secara luas. Saat ini, penggunaan energi tersebut tidak lagi dimonopoli oleh pemerintah atau perusahaan berdana besar yang mampu membuat fasilitas pembangkit energinya. Segmen rumah tangga (domestik) sedikit demi sedikit telah mampu menggunakan energi baru terbarukan sebagai salah satu sumber energi alternatif mereka. Beberapa bentuk penggunaannya dalam rumah tangga adalah thermal panel untuk memanaskan air, panel surya (solar photovoltaic/PV) penghasil tenaga listrik, dan pompa panas bertenaga udara (air source heat pump/AHSP).

energi terbarukan

Thermal panel adalah salah satu penerapan sumber energi baru yang sudah cukup lama dikenal luas. Atap-atap rumah menjadi tempat dimana thermal panel ini menyerap panas matahari, kemudian meneruskannya ke dalam sebuah tanki berisi air untuk memanaskan air tersebut agar siap saat dibutuhkan. Anda hanya membutuhkan bidang seluas kurang lebih 3 meter persegi untuk meletakkan thermal panel ini. Alternatif sumber panas ini akan jauh mengurangi kebutuhan listrik atau gas jika dibandingkan dengan pemanas air konvensional.

Panel surya atau solar PV juga mulai marak digunakan sebagai penghasil sumber energi listrik tambahan. Ditempatkan pada bagian atap yang langsung terkena panas, Anda membutuhkan sekitar 9 meter persegi untuk menyerap sinar matahari sebanyak mungkin. Beberapa lampu di pinggir jalan pun sudah mulai menggunakan panel surya untuk mengubah radiasi sinar matahari menjadi energi listrik. Listrik yang didapat disimpan dalam baterai untuk menyalakan lampu pada malam hari. Panel surya mampu bekerja dengan efisien tanpa membutuhkan servis reguler atau maintenance sepanjang masa pakai panel tersebut.

Pompa panas bertenaga udara atau AHSP memiliki prinsip kerja yang berkebalikan dengan lemari es. Lemari es mengeluarkan panas yang ada di bagian dalam kompartemennya, sementara itu AHSP justru menyerap suhu panas yang ada di udara di sekitarnya untuk kemudian di salurkan ke sistem pemanas dalam rumah, khususnya tangki air panas, radiator, atau pemanas di bawah lantai untuk memanaskan ruangan.

Sumber energi baru terbarukan yang dimanfaatkan dengan baik di lingkungan domestik secara luas akan menghasilkan penghematan sumber daya alam tak tergantikan dalam jumlah yang cukup besar. Meski saat ini baru beberapa penerapan saja yang sudah bisa digunakan dengan baik, kemajuan teknologi di masa mendatang tentu akan menghadirkan lebih banyak lagi penerapan di segmen rumah tangga.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *