Apa Itu Independent Power Producers?

Independent Power Producers
Independent power producers merupakan sebuah skema kerja sama antara perusahaan swasta dengan PLN. Perusahaan ini bekerja dengan memproduksi tenaga listrik yang kemudian dijual ke PLN. Bentuk kerja sama ini telah berlaku sejak berpuluh tahun yang lalu dan masih berjalan hingga sekarang dengan berbagai pembenahan atas kekurangan-kekurangan yang ada. Tentunya hal ini untuk mencapai keuntungan bagi kedua belah pihak dan juga bagi pengguna jasa PLN yakni masyarakat secara luas.
Sistem skema IPP ini merupakan skema yang paling banyak digunakan antara PLN dan pihak swasta. Alasannya karena harga yang ditawarkan dari PLN ini cukup tinggi. Namun, memang tidak semua pihak swasta dapat menjalankan skema ini. Ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak swasta. Persyaratan ini tentu yang menjadi standar bagi PLN agar tidak semua perusahaan ikut dalam skema ini, akan tetapi hanya perusahaan yang terbaik saja. Adapaun syarat yang biasanya digunakan adalah:

  • Alat-alat yang digunakan untuk pembangkit listrik adalah alat-alat yang baru,
  • Selain menyediakan beban PLN, perusahaan juga harus bersifat independent terhadap beban lainnya.

Dari setiap periode yang sudah terlewati ada beberapa penggubahan kerja sama. Hal ini karena beberapa kali dalam periode yang lalu PLN dan pemerintah mengalami kerugian atas kerja sama yang dilakukan. Bahkan dahulunya sempat beberapa kali yang tergabung dalam skema tersebut adalah perusahaan yang tidak berpengalaman. Jadi intinya independent power producer ini adalah sebuah skema kerja sama antara swasta dan PLN dalam rangka penyediaan listrik.

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *