Apa Itu Genset?

genset

genset

Pernahkah kita melihat atau bahkan menggunakan genset? Alat ini merupakan alat yang digunakan untuk menghasilkan daya listrik, namun sifatnya hanya temporary atau sementara saja. Sebab alat ini memang diperuntukkan penggunaan yang mendadak dan butuh daya listrik pembantu selain dari aliran PLN. Penggunaan alat ini biasanya kita lihat saat ada event besar, seperti konser musik, pameran, dll. Alat ini dapat digunakan dengan memanfaatkan berbagai sumber tenaga, misalnya solar, gas, bensin, turbin, dan sebagainya.

Istilah lain untuk alat tersebut adalah generator set, yang merupakan satu set mesin. Jika dikatakan set, maka alat ini tentu tidak hanya terdiri dari satu komponen saja. Ada dua komponen utama dalam alat ini, yakni:

  1. Mesin

Mesin ini digunakan untuk penggerak generator agar dapat berputar.

  1. Generator

Generator atau disebut dengan alternator merupakan alat untuk pembangkit tenaga listriknya.

Lalu bagaimana cara kerja alat ini hingga dapat menghasilkan arus listrik yang cukup konstan? Pada dasarnya mesin digunakan untuk memutar generator. Generator ini terdiri dari kumpulan lilitan kawat tembaga yang apabila digerakkan memutar akan menghasilkan sebuah medan magnet. Medan magnet ini apabila diberi perlakuan gerakan putar terus menerus dalam waktu yang cukup lama dan kecepatannya pun konstan akan dapat menghasilkan arus listrik. Hal inilah yang membuat genset dapat digunakan sebagai sumber pembangkit listrik sementara.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *