Tips Menjaga Dapur Agar Tetap Bersih dan Sehat

Dapur Bersih

Dapur Bersih

Dapur adalah satu ruangan yang ada di dalam rumah yang harus dijaga kebersihannya, karena untuk menciptakan dapur bersih tersebut harus dimuali dari diri kita sendiri agar setiap karya masakan yang kita makan bisa terjamin kesehatannya. Setiap habis memasak lebih baik dapur dibersihkan dari kotoran seperti sampah atau sisa bahan masakan lainnya. karena salah satu factor kesehatan dalam rumah juga dengan terjaganya kebersihan dapur yang mana merupakan tempat paling utama untuk mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Beberapa tips untuk menciptakan kondisi dapur selalu terlihat bersih, diantaranya:

1. Berawal dari peralatan memasak yang anda miliki jika jumlahnya banyak, sebaiknya terdapat lemari untuk penyimpanan tersebut, selain itu jika sehabis memasak maka langsung dibersihkan dan ditempatkan kembali peralatan tersebut menurut letak penyimpanannya.

2. Di dapur harus tersedia tempat sampah, yang di dalamnya dilapisi lagi dengan plastik kresek, itu dimaksudkan agar agar sampah dari sisa masakan anda tidak berceceran kemana-mana, karena biasanya sampah yang berasal dari dapur banyak yang mengandung cairan, agar tidak tercecer kemana-mana maka harus disediakan plastik kresek dan juga jika ingin membuangnya kita tinggal mengambil keresek tersebut.

3. Meja dan kompor yang bekas digunakan untuk memasak lebih baik langsung dibersihkan menggunakankain basah, agar sisa dari masakan tidak mengeras dan menjadi susah untuk dibersihkan.

4. Meletakkan bumbu yang habis dipakai untuk memasak, harus di letakan lagi dengan rapih dan baik menurut jenisnya.

5. Sesudah makanan anda jadi, sebelum anda berlanjut membersihkan dapur, lebih baik menyajikan terlebih dahulu makanan tersebut di atas meja makan, agar makanan tersebut bersih terhindar dari kontaminasi kotoran di dapur.

6. Selalu sapu dan pel lantai sehabis memasak untuk membersihkan bumbu yang mungkin tercecer ketika memasak.

Sebenarnya untuk menciptakan dapur sehat sangatlah sederhana dan gampang untuk dilakukan. namun, kebanyakan orang selalu malas untuk membersihkan dapur setelah memasak. Hal itu harus segera dirubah agar dapur anda tetap terjaga kebersihannya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *