KANDUNGAN MINUMAN ENERGI

Kandungan Minuman Energi

Kandungan Minuman Energi

Bagi sebagian orang mungkin akan heran terhadap kandungan minuman energi yang dapat memberikan tenaga lebih bagi kita dalam beraktivitas. Dan sebagian lagi mungkin akan bertanya-tanya, kenapa minuman jenis ini tidak dikategorikan sebagai doping untuk para atlet. Jawaban dari kedua pertanyaan tersebut adalah karena minuman ini mengandung beberapa bahan yang dapat merangsang produksi hormon sehingga tubuh menjadi lebih maksimal dalam beraktivitas. Sedangkan alasan minuman jenis ini tidak menjadi doping adalah tidak bersifat aditif atau ketagihan dan ketergantungan bagi konsumennya.

Meski merk dan produk minuman ini beragam namun pada umumnya, minuman jenis ini mengandung salah satu atau lebih bahan berikut, ephedrine, taurin, ginseng, vitamin B, biji guarana, karnitin, keratin, inositol maupun ginkgo biloba. Masing-masing bahan ini berperan dalam meningkatkan tenaga yang ada dalam tubuh manusia. Taurin misalnya, asam amino alami yang membantu pengaturan kontraksi otot dan detak jantung sehingga bermanfaat ketika kita menjalani aktivitas yang membutuhkan banyak energi, seperti berolahraga maupun menyetir jarak jauh. Ginseng sendiri merupakan akar yang kaya khasiat dari sisi peningkatan energi dan penurunan tingkat stress. Ginkgo biloba lebih berperan dalam aspek psikis karena mampu meningkatkan memori. Keratin, berperan dalam membantu memenuhi kebutuhan energi untuk kontraksi otot. Dan vitamin B adalah vitamin yang mampu mengubah gula menjadi energi serta memperbaiki otot.

Jadi, dengan melihat kandungan minuman energi maka kita dapat menentukan produk yang tepat ketika akan menjalankan aktivitas tertentu. Misalkan untuk berolahraga kita bisa memilih minuman A, sedangkan aktivitas berat lainnya kita bisa memilih minuman B.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *