kulit sehat

Ciri-Ciri Kulit yang Sehat

Memiliki tubuh sehat dengan cara yang praktis dan murah bukan hal yang tak mungkin dilakukan di rumah. Yang penting, kenali dengan baik jenis kulit Anda, sehingga tak salah melakukan perawatan, terutama dalam pemilihan bahan dan langkah-langkahnya. Ada empat jenis kulit, yaitu kering, normal, berminyak, dan kombinasi. Dalam kasus yang ekstrem, kulit kering bisa membuat Anda sangat sensitif terhadap matahari, angin, dan suhu udara yang dingin.

Bila kulit Anda tergolong kering, bersihkan wajah sehari sekali dengan pembersih yang mengandung krim kental dan bilas dengan air hangat. Hindari mandi dengan air panas, cukup dengan air hangat saja. Hindari pula mandi berlama-lama, karena bisa membuat minyak dalam kulit hilang. Sebaiknya, pilih sabun mandi yang tidak terlalu kuat agar minyak di kulit tidak ikut terbuang. Jangan lupa, gunakan pelembap tubuh yang sesuai jenis kulit. Sementara, kulit berminyak gampang “bersinar” kembali sesaat setelah dibersihkan.

Selain itu, kulit berminyak juga rentan terhadap jerawat dan komedo. Teksturnya pun lebih kasar dibandingkan jenis kulit yang lain. Sementara, kulit normal cenderung tak bermasalah. Oleh karena tak berminyak atau kering, sehingga terbebas dari noda. Sedangkan kulit sensitif sangat mudah pecah. Penyebab timbulnya masalah pada kulit sensitif biasanya lingkungan, misalnya debu, kotoran, sinar matahari, dan sebagainya. Lalu, kulit dengan jenis kombinasi merupakan gabungan dari kulit kering dan berminyak. Bila Anda sudah melakukan semua perawatan tersebut, niscaya kulit yang sehat bisa Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kulit yang sehat :

  1. Memiliki warna cerah yang sesungguhnya.
  2. Mulus, lembut, terbebas dari noda, jerawat, atau jamur.
  3. Segar dan bercahaya.
  4. Selalu kenyal dan kencang.
  5. Memiliki kelembapan yang cukup.
  6. Memiliki sedikit kerutan sesuai usia.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *