Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan Tubuh

Teh sangat populer di Indonesia hingga hampir semua keluarga di tanah air punya persediaan teh di rumah mereka. Sejak dulu, teh menjadi minuman andalan saat menjamu tamu atau saat berkumpul bersama keluarga. Kebiasaan tersebut tidak salah karena teh memang nikmat diminum kapan saja dan punya beragam manfaat kesehatan yang telah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Kabar bagusnya lagi, dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran masyarakat Indonesia terhadap manfaat kesehatan dari teh semakin meningkat.

Jadi, mereka minum teh bukan hanya karena tradisi turun-temurun saja, tapi juga karena mengharapkan manfaat kesehatan yang baik darinya. Pemahaman masyarakat Indonesia tentang manfaat kesehatan dari teh tidak lepas dari banyaknya iklan komersial yang menonjolkan manfaat minuman yang satu ini. Selain itu, banyak pula hasil studi ilmiah mengenai manfaat kesehatan dari teh yang dipublikasikan secara luas di berbagai media. Dari berbagai manfaat minum teh bagi kesehatan tubuh yang dipromosikan atau diberitakan, setidaknya ada lima manfaat terbaik yang patut Anda yakini.

Yang pertama adalah bahwa teh, baik jenis teh hitam, teh hijau, atau teh putih dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Pada tahun 2011, para peneliti di Jepang mengidentifikasi dua senyawa dalam teh yaitu theaflavin dan thearubigins memperlamat kenaikan berat badan pada tikus yang diberi makanan tinggi lemak. Sementara peneliti Cina mengidentifikasi senyawa lain dalam teh, yaitu catechin juga memberikan kontribusi dalam penurunan berat badan. Menurut Beth Reardon, seorang nutrisionis dari Duke University, senyawa dalam teh memberikan dorongan metabolik ringan yang membuat tubuh membakar lebih banyak kalori, antara 45 sampai 50 kalori per hari.

Manfaat kedua dari minum teh adalah dapat membuat Anda tetap tenang dan fokus. Sebuah senyawa dalam teh yang disebut L-theanine mempunyai kemampuan mengubah aktivitas gelombang otak sehingga dapat membuat Anda tetap rileks meski dalam keadaan yang menuntun kefokusan tinggi. Selanjutnya, manfaat ketiga adalah teh dapat membantu memperbaiki kerusakan sel akibat kanker. Teh kaya akan flavonoid, senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel, termasuk yang diakibatkan oleh kanker.

Manfaat keempat dari teh akan membuat Anda memiliki tulang kuat sampai tua. The dapat menangkal keropos tulang pasca menopause. Ada bukti yang berkembang bahwa wanita usia 65-76 yang minum teh hitam memiliki tulang yang lebih kuat daripada rekan-rekan mereka yang tidak. Terakhir, teh dapat melindungi gigi dan gusi dari penyakit. Ini berkat catechin dan flouride dalam teh yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan plak berbahaya. Itulah kelima manfaat dari minum teh yang telah dibuktikan penelitian untuk kesehatan tubuh.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *