gula

5 Alasan Untuk Membatasi Asupan Gula

Mengonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh, dan ini tidak terkecuali dengan gula. Gula memang dapat menambah cita rasa pada makanan atau minuman, serta juga bermanfaat untuk menambah energi. Namun, apabila anda mengonsumsinya secara berlebihan, gula bisa menjadi faktor utama datangnya berbagai masalah kesehatan pada tubuh. Oleh sebab itu, sangat penting sekali bagi anda untuk mengontrol asupan gula yang dikonsumsi sehari-hari. Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya anda mengontrol asupan gula, dan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan risiko penyakit diabetes
Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena diabetes. Kondisi ini dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi gula secara berlebihan melalui berbagai makanan penambah asupan kalori, sehingga membuat makanan tersebut sulit untuk dicerna. Hal tersebut pada akhirnya dapat mempengaruhi fungsi insulin tubuh dan menyebabkan diabetes.

2. Mempengaruhi kadar kolesterol

kolesterol

Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat menurunkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), dan di sisi lain juga dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Maka dari itu, membatasi pengonsumsian makanan atau minuman yang tinggi gula dapat memperkecil risiko terjadinya penyakit jantung.

3. Membuat tubuh jadi cepat lelah
Gula memang dapat memberikan energi secara instan. Akan tetapi, selang beberapa waktu anda mengonsumsinya, anda akan merasa lelah dan mengantuk. Hal ini karena tubuh memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencerna gula. Membatasi atau mengontrol asupan gula dapat mencegah tubuh anda dari rasa lelah dan mengantuk. Maka dari itu, selain berolahraga secara rutin dan istirahat yang cukup, anda juga perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada beragam cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, terutama buah-buahan dan sayuran.

4. Menurunnya daya penglihatan
Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah anda. Kadar gula darah yang tinggi diketahui dapat menyebabkan kaburnya penglihatan pada mata anda secara tiba-tiba. Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabets juga mengakibatkan lensa mata membengkak sehingga bisa membuat penglihatannya menjadi kabur. Selain membatasi dan menjaga asupan gula, anda juga dianjurkan untuk memeriksa kadar gula darah anda serta mengusahakannya agar tetap stabil.

5. Mempengaruhi kepadatan tulang
Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa mengonsumsi banyak gula dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Dan salah satu komplikasi dari penyakit diabetes tipe 1 adalah menurunnya kepadatan tulang seseorang. Hal ini pada akhirnya dapat menambah masalah baru, yakni risiko terjadinya osteoporosis. Walaupun tidak secara langsung berhubungan dengan kesehatan tulang, namun mengonsumsi gula secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 1, di mana penyakit gula ini mempunyai berbagai komplikasi, salah satunya berupa osteoporosis.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *